Langsung ke konten utama

Seminar

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.
Analisis Jenis itulah namanya. Satu-satunya praktek yang ngeharusin kita ngedokumentasiin apa yang kita praktekin. Satu-satunya praktek yang ngebolehin kita selfie ya di lab. Anjen. Selfie-nya ya sama hasil yang kita praktekin maksudnya, bukan selfie ala ala anak jaman sekarang gituuu.
Belajar Analisis Jenis dimulai dari kelas 12 semester genap (gantinya pelajaran Pengetahuan Bahan). Anjen merupakan aplikasi dari pelajaran kimia analisis. Anjen itu analisis secara KUALITATIF, dimana kita hanya ingin mengetahui APA yang terkandung dalam suatu contoh tanpa menentukan jumlahnya. Kita mengamatinya berdasarkan warna yang terbentuk, sifat, perubahan, yang mengacu pada standar/ literatur biasanya buku Vogel yang warna hijau.
Karena waktunya yang emang mepet, jadi setiap masuk lab ada beberapa penetapan yang harus dikerjain dalam 1 hari. Laporannya? Ya lumayan. Kadang 3 atau 4 folio. Udah terbiasa bukan? Anak smakbo mah kan tahan banting. Aku rapopo :')
Materinya dari Penilikan rupa sampe terakhir itu kalo gak salah Aldehid Ketone. Sabar. InsyaAllah gua post fotonya dibawah.
Di anjen, kita juga jadi kenal sama warna-warna asing. Misalnya: merah bordo. Merah. Ya merah. Tapi merahnya ya gitu. Tar deh ah gambar menyusul.
Maskot di anjen, Pa Yudi. Dia yang ekziz di lab anjen, tapi semua staf lab anjen lainnya ga kalah ekziz. Kalimat kebanggaan pa Yudi "jangan ada remed diantara kita" atau "time is waktu".
Materi seru, lab-nya asik, gurunya segud bakal kurang kalo team lo kaga kompak coy. Alhamdulillah beta 7 gak mengecewakan. Sama sekali. Alhamdulillah berkesan. Sampe sering kangen praktek bareng. Andai aja gak diujiin.
Semua yang asik-asik bakal kalah kalo kita denger kata "ujian". Suatu hal yang yah.. Hampir semua orang ekspresinya "begitu" setelah denger kata itu.
Ga bisa diceritain karena udah lupa juga. Pokoknya, cobain ajah :)
Yang gua inget malah percakapan sama salah seorang anggota beta 7, gifari tentang uas anjen. Disitu kita ngeluh, marah-marah ga jelas, mengutuk itu lab, nyebelin lah, ngeselin lah, ngerjain orang lah, lab paling ga bener lah eh taunya kita selamat dari remedial. Btw, beta 7 uas PKT sama anjen ga ada yg di remed. Ah so proud of you,  ada gunanya juga kita disatukan di beta 7. Gak mengecewakan.


Inilah penetapan yang ada di lab Anjen kelas 12 semester 2. yo check this out brooo.....

1. Penilikan Rupa

2. Pemanasan

3. Uji Reaksi Nyala
Harusnya KCl itu lembayung (keunguan).
Nah ini nih yang namanya Merah Bordo.

4. Mutiara Boraks

5. Pipa Tiup.
Nah ini nih yang gua suka. Sayangnya ga di ujiin wkwkw.
Gua ga ada foto alatnya. Langsung aja deh ke hasilnya....
Yang kuning itu Pb, yang merah Cu.
Hasilnya Delia atau Gifari ya(?) abis sama-sama bolong ke dalem.
Ini punya Gifari atau Delia(?) tuh kan. sama-sama Pb juga.
Punya Anto.
Mine.

6. Renik
Jadi intinya ngeliat bentuk endapan pake mikroskop.
Endapan Ag2CrO4
Endapan PbI2

7. Reaksi Kation

8. Reaksi Kation Golongan 1

9. Reaksi Anion


10. Gugus Alkohol


11. Aldehid Keton
Belum dihomogenkan dan dipanaskan.

Hasilnya setelah dipanaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :