Langsung ke konten utama

Seminar

Seminar



Time flies so fast. Bosen banget sama kata-kata itu tapi inilah kenyataannya. Suatu hal yang gua anggep "ah masih lama" kini jaraknya semakin dekat. Waw..
Berarti udah banyak yang gua lewatin sebelum akhirnya mencapai tahap ini. Dari hari yang dirasa akan berat, nyatanya semua lewat dan hanya menyisakan memori-memori, namun ada saja yang paling berkesan diantara memori-memori tersebut. Ga pernah kebayang sama apa yang akan terjadi dihari selanjutnya. Semua berjalan begitu saja dan banyak hal yang tak terduga. Kadang sulit untuk percaya tapi inilah nyatanya. Inilah takdir yang harus gua terima.



SEMINAR. Saat tau kalo kelompok gua tampil di hari pertama dan di pagi hari (opening dari segala opening), rasanya badan langsung gemeter dan dingin. Rasanya mau meluk orang trus nangis. Karena temen kelompok gua cowo semua so i can't do anything. Rasanya campur aduk tapi yang paling mendominasi adalah rasa takut. Tampil pertama di seminar cuy... Gua aja gatau harus ngapain aja. Latian seminar mah ada tapi apa yang bakal lo lakuin saat di depan audience nanti itu yang nggak diajarin. Saat lo lagi ngomong dan diperhatiin from the bottom to the top sama audience, mau jadi apa lu???
Dari cara berdiri, duduk, dan segala detail lainnya bener-bener diperhatiin dan dinilai. Mau jadi apa lo ha?

Seminar adalah mempresentasikan, menampilkan, sekaligus mempromosikan produk yang lo bikin dan lo analisis selama 3 bulan terakhir di PKT. Intinya, nampilin hasil kerja lu ke temen-temen dan pengamat (guru) tentang apa yang lo kerjain selama di PKT dalam bentuk presentasi. Audience (temen-temen dan pengamat) bisa nanya apapun tentang produk yang lu bikin dan kita sebagai penyaji harus ngejawab semua pertanyaan penasaran mereka dengan penuh keyakinan (no bimbang ataupun ragu).

~Untuk mencari pengalihan dan sekaligus ketenangan, gua berinisiatif nanya ke kaka kelas. And they said:
"Anggep aja seminar itu kaya presentasi biasa. Tapi belajarnya jangan setengah2"
"Malah enak maju awal-awal, kalo ada kesalahan masih ada kemungkinan bisa dimaklumi"
"Banyak latihan ya sama temen pkt nya"
Bahkan ada juga yang ngasih tau sifat-sifat guru yang kebetulan jadi pengamat di kloter gua. Makin makin deh. Tapi gua yakin, gua dan kelompok gua bisa ngelewatin ini semua dengan lancar dari awal sampe akhir. Karena cepat atau lambat, semua ini akan terjadi ko. Jadi buat apa lari? Hadapi adalah jalan satu-satunya.


~Sabtu 10 oktober 2k15 uji kompetensi volumetri. Hari ini H-2 menuju seminar. Rasanya flat, aneh, sedikit panik, pokoknya ga jelas deh rasanya.

~H-1 seminar. Persiapan masih gini-gini aja. Ekspektasi gua kita bisa latihan dari pagi. Realitanya, kita baru bisa latian sore nanti. 2 dari 4 anggota harus uji kompetensi spektro dari pagi sampe sore, moderator dan orang yang mau ngebantuin bikin pertanyaan juga uji kompetensi. Dan gua melupakan satu hal, bahwa ketua gua harus ibadah hari minggu dan gatau beres jam berapa.
Sisanya hanya gua dengan segala kepanikan yang ada. Ga ngerti harus apa.

Paginya di H-1, niat dateng kesekolah buat bikin plakat nama buat dimeja.
Gara-gara mau ngambil laptop yang dititipin ke haifa, jadi ke kosan haifa dulu. Eh malah betah dikosan sampe dzuhur. Abis dzuhur, kesekolah bareng haifa dan jihan. Menuju ke ruangan kelas, ternyata kelompok gua udah pada beres uji kompetensi dan udah ngumpul disana. Kita latihan sendiri. Trus moderator yang mimpin kelompok kita dateng dan kita latihan bareng sampe sore. Moderatornya ka kiwi. Orangnya asik, fleksibel, mau diatur-atur, mau diajak kerjasama. Pokoknya top deh moderator yang satu ini hehe. 
Abis magrib, kita masih ada disekolah tepatnya di depan GSG ngebahas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bakal ditanyain sama audience. Muter lagu sambil nyanyi, tidur-tiduran di sofa, udah kaya dirumah sendiri aja. Disini kebersamaannya kerasa banget. Ngerasa udah deket banget sama mereka. Baru kali ini kita kerja kelompok kaya gini. Beda aja suasananya. Padahal besok seminar loh. Tapi ko rasanya gini-gini aja ya? Ngga panik atau deg degan. Kita malah gila-gilaan. Ga ngerti lagi.___.
Setelah (gue) ngomel-ngomel minta pulang, soalnya gue cewe masa pulang malem.. Emang gue cewe apaan :v
Akhirnya ketua ngijinin kita pulang jam setengah 8. #set daaah
Sampe rumah, gua muncul di grup whatsapp sekedar ngingetin tentang persiapan buat seminar besok, ngebawelin mereka (cowo-cowo gw) dan sisanya gua bener-bener manfaatin buat tidur sampe pagi. Deg-degan? Panik? Enggak tuh. Ga ngerti ini perasaan apa. Sulit dijelaskan.


~Senin, 12 oktober 2015. The day's come true. "Jadi hari ini gua seminar?" Hmm menarik. Panik? Engg... Biasa aja. 
Saat gua nyalain paket internet, ternyata gua dapet beberapa kata-kata penyemangat dari teman-teman, kaka kelas dan dia yang jauh disana. Jadi tambah bersemangat. "Intinya malem ini gua bisa tidur nyenyak. ga akan ada lagi tidur jam 2 malem mikirin seminar". 
Setelah ngecek ppt sekunder, ngebales whatsapp dan yang lainnya, gua otw sekolah, nyampe sekolah ketemu sama alfi dan kita menuju kantin. Disitu udah ada dul sendirian, trus kita jalan ngelewatin anak-anak yang lagi upacara (lewat lantai 2 menuju kelas di belakang laboratorium gravimetri). 
Setelah upacara selesai, kita menuju ruangan seminar. Ngatur tempat duduk, power point, pake almamater, name tag, dan setelah pengamat dateng, kita tunggu diluar. Disini gua baru mulai ngerasa sensasi deg-degannya, anggota yang lain panik juga, mukanya udah.. Yah bisa ditebak lah mereka tegang. Abis itu kita dipanggil sama moderator untuk memasuki ruangan. Bismillah.


Seminar selesai. Alhamdulillah. 
"Jadi udahan nih seminarnya?". 3 bulan kita pembuatan dan analisis, hanya 1 hari tujuan kita yaitu seminar, dan kita udah ngelewatinnya? Whaaa luar biasa. Rasanya bahagia. 1 beban menghilang. Gua ga pernah nyangka gua bisa sejauh ini. Gua udah ngelewatin 1 tahap anak kelas 4 yang paling menakutkan selama dismakbo. Tinggal 1 tahap akhir yang gua tunggu = sidang. Sebelum akhirnya resmi jadi alumni.



Thanks to : Allah SWT, Ketua PKT 21 (Soni S), anggota PKT 21 (Abdul L dan Achmad B), Moderator (Rizki Dwi), Notulis (Perliani M), Pengamat (Bu Sulis, Bu Gina Libria, Pak Zaenal) dan seluruh audience ruang 1 jam pagi (grup A). 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :