Langsung ke konten utama

Seminar

Satu Semester Terlewati


Ga kerasa udah ngelewatin semester 1 di kelas 12^^. Udah ngerasain dah asem garemnya jadi anak kelas 12 di smakbo.
Dari lapsus, tugas2 kaya makalah, power point sampe ngelakuin praktek2 AI2, Proksimat, Lab Bahasa, debat, presentasi yg berturut-turut (tampil mulu sampe bosen), UTS, UAS ples remed-remednya segala macem. Oh iya tapi sebelumnya gua mau ngenalin lo lo semua tentang sekolah gua yg satu ini dan tentunya versi gua. Jadi, smakbo itu sekolah analis kimia (bukan farmasi plis) yang lama pendidikannya yaitu 4 tahun dan dibawah kementrian Perindustrian. Alamatnya di Jalan Binamarga 01 Ciheuleut Bogor Timur, strategis. Setiap taun selalu ngadain renovasi ntah ruang kelas baru, taman, lapangan basket, dll. Smakbo itu beda bgt sama SMA-SMA pada umumnya (jelaaas). Dari masa pendidikannya aja beda. Trus prakteknya rutin ga kaya SMA. Tapi teorinya juga lumayan banyak (dibaca: banyak banget) belom lagi gara2 terjangkit kurikulum 2013 jadi tambah-tambah deh. Smakbo itu sekolahnya Cuma Senen ampe Jum’at, hari Sabtunya buat kegiatan ekskul yang bener-bener surga banget karena hari Sabtu itu harinya bermalas-malasan bagi anak rumahan dan bagi anak kos sangat bermanfaat karena mereka bisa tinggal dirumah lebih lama (bagi yang sering homesick). Masa puncak yang paling ditunggu-tunggu anak smakbo yaitu WISUDA (nyaaaay) hari itu adalah hari milik kita (satu angkatan) dimana seluruh sekolah berpartisipasi dan itu niat pake bangeeeet. Yang cewenya make baju kebaya sementara yang cowo pake jas + kemeja. Lalu satu persatu dipanggil untuk naik ke atas panggung sambil disebutin tempat kerja/ tempat kuliahnya sambil disaksikan orang tua :’). Gimana nggak bangga coba???


Sedikit flashback ke UAS.... pas UAS PKT gua dapet Penetapan Kadar Gula Total dalam Sirup sama Penetapan Siklamat secara Kualitatif. Itu bener-bener ga nyangka soalnya pas praktek biasa, yang ngerjain penetapan ini tuh anak lain di kelompok gue tapi Alhamdulillah pekerjaan selesai walau lapsusnya ga sampe kesimpulan. Trus pas AI dapet Penetapan Kadar Fe metode KCNS secara Spekrofotometri. Alhamdulillah itu AI dapet salah satu penetapan yang cukup simple (simple kalo belajar. Kalo engga?). PKT? Siklamat? AI? Spektro? Apaan tuh???? Tenang...........................
Bakal dibahas di postingan selanjutnya...................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :