Langsung ke konten utama

Seminar

Alhamdulillah, Masa Kelas 12 Gua Cukup Menyenangkan


Rasanya pengen nge-update tulisan lagi, eh kepikiran sama tema ini. Itung-itung kenangan yang masih segar (segar?). Maksudnya mumpung masih inget. Mungkin aja saat gua baca ini beberapa tahun kemudian, gua bakal teringat jaman-jaman alay kelas 12 yang yahh..  Begitu. Ga ko.. Ga begitu. Banyak manis-manisnya ko. Kalo ga manis ngapain juga mau nulis gini. Ngapa? Seneng? Gausah baper deh.
Gua udah menjalani minggu pertama di kelas 13. Dengan tugas, teman dan tim baru. Alhamdulillah. Bakalan makin banyak beban yang harus gua terima di akhir masa-masa smakbo gue *huhuuuu*. Sepertinya akan lebih banyak menguras tenaga, waktu, hati dan pikiran, fisik dan batin, jiwa dan raga, hati dan perasaan... *eh*
Tapi semua harus tetep di syukuri. Kerjakan dengan hati gembira. Karena sesulit apapun, Allah pasti bantu kita.
Itu dulu aja sebagai kalimat pembukanya *dih apa banget*. Back to the title...
Tulisan ini cuma berdasarkan apa yang mau gua tulis, dan cuma pendapat dari gue. Gue ga menampung pendapat orang atau apa yang anak-anak lain pikirkan tentang kelas ini. This is from the deepest of my heart *deuhhh*. So, kalo ada sesuatu yang ga ngenakin atau nyakitin hati siapapun, jaluk ngapurane nggih mba-mba lan mas-mas.
Kesan pertama saat baca pembagian kelas 12.
"Wiii... 12-4. Pertama kalinya dapet kelas yang awal-awal" (maksudnya deket sama 1. Gitudeh)
Kesan pertama saat baca nama anggotanya.
"Setdah banyak yang belom kenal sama nama-nama ini. Duh gimana yak? Tenang deh tenang, insyaAllah dapet temen ko" *weh positif thinking itu harus*
Hari pertama, gue duduk sendiri karena ada 1 anak yang gak masuk.

Kesan pertama hari pertama masuk sekolah di bangku kelas 12.
"Hufff coba aja dateng lebih pagi, kayaknya bukan gue yang duduk sendirian".
"Kira-kira gue bisa deket sama semua anak-anaknya ga yah?"
"Kenapa cewenya kaya pada jutek gitu sih? Mungkin gara-gara belom kenal deket".
(Waktu istirahat, ada tuh segerombolan. Kalo udah bunyi bel langsung pada keluar kelas secara bersamaan. Tapi gue jadi bagian yang menetap di kelas dan berusaha dapetin?????? Dapetin temen lah masa dapetin hatinya dia*ngaco*).

~~~~~~~~~~~

Lanjut ke hari-hari selanjutnya (bakal random).
Hari-hari di kelas 12 gue berjalan mulus. Gue gatau gimana prosesnya gua bisa langsung berinteraksi sama mereka tanpa canggung lagi. Semua mengalir apa adanya. Dan gue ga akan cerita mendetail tentang kejadian sehari-hari di kelas. Intinya kita semua deket, berkawan baik, jadi diri kita masing-masing, saling ngebantu, apa adanya, dan pastinya seru.
Oh iya, waktu awal-awal semester si Ihwan selalu bawa-bawa 'benda-benda yang tidak seharusnya dibawa ke sekolah'. Eitssss ga parah-parah amat si *pembelaan, biar boleh ikutan*
Biar kelasnya ga terasa garing, sepi, ga kompak, dia inisiatif bawa game. Kalo ga salah pertama kali yang dibawa itu kartu uno. Setiapa ada jam kosong/ istirahat, kita maen terus sampe berhari-hari. Uno ga jaman? Ganti kartu bridge, kartu remi, pes, dan benda tergila yang dibawa adalah : speaker. (Hahahaha ga gila tuh. Biasa ajah)
Eitsss bukan speaker ukuran kecil yang gue maksud. Dia bawa speaker sebesar TAS RANSEL. Ckckckc niat banget. Dari speaker itu biasa keluar lagu-lagu korea, barat, lagu lokal, lagu yang bikin baper, lagu dugem, dangdutan. Apapun sesuai mood kelas. Kalo dilantai 2 kedengeran suara musik (btw 12.4 itu dilantai 3) ah udah pasti itu dari 12-4. Pernah kedengeran sampe kesiswaan malah. Tapi aman-aman saja tuh haha.
Ternyata kelas ini cukup menginspirasi kelas lain untuk melakukan hal yang sama loh wakakakak.

Menurut gua, kelas ini bener-bener apa adanya.Banyak yang bener-bener jadi diri sendiri.Karena emang ngapain harus pura-pura? Kita lumayan banyak mengabadikan momen-momen seru ya emang karena anak-anaknya pada narsis dan ga jaim haha tapi fotonya kebanyakan ga full-team.
Ini dia sebagian kecil foto-fotonya *cuma perwakilan dari sekian banyaknya foto-_-*
yo check this out.....








Nizzarnya haha.


Jenis-jenis batuan.





Ma idiot sistahhh :*

Makan-makan di Momomilk Barn.



Abis Ujian Praktek olahraga.


Ulang tahun bu Iceu.
Ulang tahun bu Iceu.




Perpisahan sama bu Yuyun.
Perpisahan sama Pa Ono.


Diluar GSG

Olin si maskot 12-4.

Abis pemotretan foto kartu ujian.

Cowo-cowo baver.
Abis acara motivasi UN dan pembagian kartu ujian.


Abis acara motivasi UN dan pembagian kartu ujian.



Abis seminar dan MP kloter 1 perform.


Abis grup 4 LB perform


Abis grup LB yang perform ke 3 tampil.


Buka bersama.


Udah cukup ah desc Iceuholicnya (Iceuholic = nama keren 12.4 karena wali kelas kita namanya bu Iceu dan dia ga keberatan soal nama itu. Yahhh biar gak kaku-kaku amat sih tujuan bikin nama gituan)
Di kelas 12 ini juga, kita sering dipisahkan dalam kelompok-kelompok. Untuk tujuan belajar tapi, like presentasi, tugas, makalah, dll. Saking banyaknya kelompok sampe ga inget anggotanya siapa aja ckckc *fakta*.
Tapi ada beberapa grup yang cukup berkesan bagi gue, ada yang karena emang waktu kebersamaannya lama atau emang udah terlanjur klop. So, check this out...
1. Pleonasme (12.4 / 2014)
Kenapa detail? Soalnya kelas lain juga ada pleonasme dan dari tahun ketaun emang ada nama grup yang sama.
Pleonasme itu terbentuk dari pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dibentuk oleh bu Ye. Pleonasme beranggotakan absen 9-13 dan urutannya adalah Gue, Fuad, Ghina, Giffary, dan Haifa.
Gatau mau nambahin apa. Pokoknya setahun bareng mereka itu seru parah. Pecah *kalo kata anak gaul mah*. Seneng banget bisa segrup sama orang-orang gila kaya mereka pada.
Masih inget ujian praktek musikalisasi puisi? Ituloh yang H min 1 tampil kita latihan di kosan Fuad sampe malem. Emang yah kita-kita emang sukanya kerja kelompoknya mepet-mepet hari H. Tapi keesokannya kita tampil juga ko.


Trus inget pas makan-makan di mcd ditaktir Fuad gara-gara abis menang lomba? Gils itu momen langka kayaknya.


Makan-makan di McD padahal besoknya Try Out.






Oh iya kita pernah menangin game pas perpisahan sama bu Ye kan? Inimah pasti inget


Menang game perpisahan sama bu Ye.



Dapet medali euyyyy

Sempet-sempetnya...


Foto kartu ujian.

Ada lagi....


Abis gua sama Haifa perform drama LB. Ye kita foto-foto.


Cuma pas kelompok 4 tampil doang kita foto-fotonya :(

2. Beta 7
"Apaan sih kenapa coba sama mereka. Mana cuma kenal 1 orang doang. Duh bakal ancur gak yah nanti".
Kesan pertama pas baca mading PKT 1.
Gue ga inget waktu pertama kali praktek bareng mereka. Tapi setelah semua yang kita lewati *azeeeeqqq*, segala asam garam manis pait nya lab pekate kita jadi makin solid. Walaupun saling nge-bully, tapi ga pernah ada yang nganggep ini serius *kebangetan banget kalo sakit hati gara-gara mereka mah haha*.
Kita tuh kaya pake prinsip : kerja santai yang penting bener. Kalo praktek tu masuk bareng sama yang lain tapi keluar paling terakhir. Apalagi waktu penetapan semen. Beuhhh bahkan kita ngelebihin waktu yang udah ditentuin. Sebenernya ga ngerti kenapa bisa lambat banget. Mungkin karena terlalu banyak bercanda, nge-bully orang dan bingung juga mau ngapa-ngapain akhirnya kita ngerjainnya dengan kecepatan normal saja.
Belom lagi suka pada bikin masalah. Diteriakin bu Mila? Pernah atuh. Ga gege kalo pekate ga pernah diteriakin pengawas mah haha *cari pembelaan*. Kita orangnya ga pernah bener-bener nuntut kerja cepet-cepet. Kalo akhirnya gagal mah ngapain? Kadang kalo kita nentuin target waktu selesai dan ternyata kerjaan belom selesai, kita orangnya santai. Kita ga nuntut kesempurnaan kelompok. Karena orang-orang kaya kita mah emang jauh dari kata sempurna.
Setaun bareng mereka di pekate itu bagaikan bencana tau gak. Eeeh engga deh seru. Seru dan gokil parah deh. Gue sampe apal watak mereka kalo di lab. Ceritain apa gausah sih ya? Duh kayaknya sih ga penting. Tapi karena mereka udah mewarnai pekate gue, jadi gua mau deh berbaik hati untuk mereka :)
So, this is them...... *jeng jeng jeng*
Dari urutan absen biar rapi(?)
1. Delia Ayu Karisma (delia/ dedel/ delilah)
Cuma dia nih 1 orang yang udah gua kenal di beta 7 karena sekelas pas kelas 11. Waktu dikelas 11 belum tau watak aslinya. Tapi, di kelas 12 pecah! Dia bener-bener jadi dirinya sendiri sepertinya. Delia orangnya asik banget, pengertian, cocok dijadiin istri *loh*, suka ngebantu orang siapapun itu, recomended tempat curhat. Terbukti. Sudah teruji di IPB dan ITB haha.
Di lab pekate tuh dia bagaikan ibu peri penyelamat bagi beta 7. Selain sebagai sumber lapsus sama laphar kaka kelas, dia juga temen ngerjain data perhitungan (khusus gua). Kalo ada waktu, kita biasa ngerjain perhitungan BERDUA. Yang lain? Au. Kelaut kali si 2 orang yang lainnya.
Sering di bully, penyelamat kuis juga, sering kebingungan, baik bener orangnya, sabar tapi kalo udah stres dia bisa lupa dunia haha. Sekarang malah makin menggila gara-gara gaulnya sama Haifa. Udah deh makin di bully. Haha sabar ya del sama beta 7. Maafkan giffary, dia mah emang nyebelin. Oh iya dia sekelas lagi sama Nico. Em... Mungkin tar satu tempat pkl bareng. Aamiin. Mwa :*
Lu gak tergantikan del. Bisa gila kali kalo beta 7 praktek tanpa dia. Tapi Alhamdulillah kita selalu full team kecuali Anjen dan kita sukses nge bully Giffari.
2. Fitria Febriyanti (gua)
No comment
3. Giffary Karan Muharram (Gifari)
Duh gua udah males duluan nih gimana?
Ok lanjut dah..
Awal praktek masih belom kenal. Makin kesini asik juga orangnya. Tukang nge bully. Tukang jualan. Apa aja dijual. Tapi jangan sampe jual diri juga ya gif *bahahaha semoga dia ga baca ini*. Jiwa pebisnis. Calon orang sukses aamiin. Satu-satunya beta 7 yang udah dapet tempat pkl : Pusri Palembang. Inget janjimu nak!
Disaster. Kayaknya semua guru pekate ga ada yang gatau dia. Entah kenapa dia ada di beta 7 bukannya sebagai penyejuk malah jadi trouble maker *haha peace*. Orang ga waras yang ngebuang xylol tapi mukanya masih santay. Ngeledakin ruang asam. Beuhh lebay bet ya ngeledakin. Ga meledak sih. Mau ngebunuh orang diem-diem lu ya? Masa destruksi kaga nyalain blower. Yaudah asep SO3 pada terbang ke hidung orang-orang lah. Dan sialnya, anto yang pertama kali kena SO3 padahal dia sama sekali ga ikut campur. Dan itu terjadi pas lagi UTS (atau UAS ya?). Udah itu mah bukan bencana lagi. Yah jadi flashback gini gif. Maaf yah ngebuka kenangan pait. Kayaknya bakal ada di kabaret deh whahaha. Gapapa gif, lu jadi belajar gara-gara itu. Terbukti kalo dapet nitrogen selalu berhasil dan datanya bagus. Saking nganggep apapun santai jadi pengen nimpuk juga, tapi idenya sering jalan, pinter ngerayu guru. Jangan main-main pas pkl! Kerja beneran ya! Main-mainnya udahan! Jangan kangen beta 7, jangan kangen cubitan gue, jangan kangen gue gif hahaha lu gak bisa nyuntrungin kepala gue lagi wleee.
4. Muhammad Nurianto (anto)
Ih males banget sama orang ini mah....
*ayo feb dikit lagi*
Hufff okedeh.
Tinggi banget kaya tiang bendera. Kurus tapi kata orang-orang buncit *gua sih gapernah liatin perut lu to* *eh*. Muka dan sifat masih bocah *badan lu ga cocok oy, mending lu pendekin biar sama kaya gue atau kalo lu bae ya di bawah gue lah minimal*.
Waktu kelas 11 sekelas sama gifari dan mereka seperti ga bisa dipisahkan. Tapi akhirnya kepisah juga dikelas 13. Awal praktek belom kenal juga. Malah baru liat dia selama di smakbo. Ga inget juga sejak kapan jadi akrab. Ternyata seru juga. Seinget gua dulu gua suka nyuruh-nyuruh dia ngambilin ini itulah, ngerjain ini itulah, apa aja mau. Kadang nunjukin muka kesel dan nolak tapi akhirnya berangkat juga kalo disuruh. Kalo udah songong ngeselin parah minta ditimpuk. Pernah ngerjain gua bareng gifari katanya lupa nambahin NaOH tapi udah terlanjur nyuci endapan eeeeh ternyata ngaku juga bilang udah. *bikin panik aja*, kadang kesel kalo dia lagi nge himpitin buret karena dia tinggal jinjit dikit sedangkan gua harus naik kursi *ah sudahlah*, suka sok ngukur-ngukur gua seberapanya dia *ini gabisa diterima*, suka ngomel kalo ngumpulin lapsusnya gak bareng katanya "parah... Ga solid", huu salah siapa ngerjainnya ditunda-tunda. Kalo gue rada kesel dan emosi sama beta 7 dia sering bilang: "jangan marah marah wae atuh feb" kadang kalo dia tiba-tiba ngambek gua balikin "jangan marah marah wae atuh to". Hehe maapin gue yang bae ini ya to, gue tau gue ga pernah salah karena cewe selalu benar. Jangan kangen beta 7 dan cubitan gue ya. Pkl nya yang bener!
Ada 1 lagi yang kocak. Jadi uts sama uas pekate itu ada banyak penetapan yang diujiin kurang lebih ada 14. Tapi disini ada yang unik.
Waktu UTS genap gua sama Anto dapet penetapan yang sama : Lemak tak tersabunkan tapi di meja yang berbeda.
Delia sama Giffari sama-sama dapet : Nitrogen urea, di meja yang sama.
Trus waktu UASnya gua sama Giffari dapet penetapan yang sama : sitronellal sama CO2 bebas, di meja 12
Delia sama Anto dapet : Al2O3, di meja yang sama.
Pertanyaan gua satu : kenapa? Maksud gua, dari sekian banyak penetapan gitu. Momen langka sih kata gue tapi kata giffari itu emang takdir. Takdir? Kalo beta 7 emang grup yang.......
Eh iya satu lagi.
Gua bangga banget sama mereka. UAS pekate kita ga ada yang di remet. Gua kangen liat ekspresi kalian satu-satu bilang : "weh...beta 7 ga diremet coy". Akhir yang bahagia bukan? :')

Kirain kita gabakal dapet foto bareng satupun. Tapi ternyata engga....

Mamah dedel (ibu perinya beta 7)

Abis gua perform LB. Antonya kurang deket dikit.
Foto yang paling bagus daripada yang lain-_- Nizar sih yang moto huffff. Kecewa.
Yeayyy beres. Wuhuuuu.
Yeeeee beta 7 tinggal kenangan. Jangan nyesel ya pernah sekelompok sama gue. Jangan bosen setaun sama gue. Ga mungkin nyesel, gua yakin. Palingan kalo mereka baca ini pasti mereka kangen.
Sebenernya masih ada lagi grup yang berkesan tapi next time yaaa di revisi lagi atau postingan baru. Keep be a good reader :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :