Langsung ke konten utama

Seminar

King, Princess and Their Two Bodyguards

Halooooo


Ko kaya judul dongeng ya?
PKT-21 2015 emang harus dramatis.
Abis pembagiannya ga imbang cewe cowonya. Tapi bagus juga soalnya mereka ga peduli gender *nggak juga ah. Mereka nge bully bully juga*
Ngomong apa sih?
Berbelit ya? Hehe
Okelah jangan berkutat dengan fikiran ga penting. Langsung aja ke topik.
Jadi, waktu telah mempertemukan dan menyatukan kita berempat di PKT-21. PKT itu singkatan dari Praktikum Kimia Terpadu.
Di kelas 13 ini, kita udah bukan belajar lagi. Kita udah masuk aplikasi analisis.
Projek pekate ini *gua lebih suka nulisnya gitu* dibagi jadi beberapa tema : makanan, minuman, manufaktur, farmasi, lingkungan, dan kosmetik.
Eh iya belom ngenalin anggota.
Baiklah... Di kelompok PKT-21 ada siapa aja??? *jeng jeng jeng*
1. Soni Saputra (king) karena dia leadernya.
2. Fitria Febriyanti (me)
3. Abdul Luthfi P
4. Achmad Bukhari M
So, kalian gausah tanya siapa princess disini.
Dan kita dapet tema lingkungan.
Hari pertama pembagian kelompok, kita kenalan *ya gitu-gitu doang sih*
Pengen protes kenapa gua cewe sendiri tapi udah di-fix-in akhirnya cuma bisa ngedumel ke mereka trus mereka malah ngetawain *padahal baru kenal, kecuali Dul emang pernah sekelas* 
Setelah APL kita langsung caw perpus. Ternyata perpusnya pindah ke GSG. Dan lo tau? GSG penuh sama anak 58. Duh jadi tiba-tiba pada rajin ke perpus gini. Haha. Tradisi kelas 4 sepertinya.
Awal-awal minggu masih nyari judul, literatur, metode dan konsultasi ke pembimbing. Jadi ritual gua di minggu pertama adalah :
Berangkat sekolah - ngumpul di perpus - kadang dapet ide kadang engga - tau tau udah sore - balik ke rumah dan keesokan harinya gua ngelakuin hal yang sama.

~Masuk di minggu ke 2, kali ini kita udah tau mau bikin apa tapi harus nunggu SNI dari pihak sekolah yang ngajuin ke BSN, atau kalo lama ya mau ga mau harus cari sendiri ke perpustakaan-perpustakaan besar (niatnya mau ke perpus UI).
Kenapa? Soalnya yang lain udah pada mulai bikin percobaan. Lah kita? Di accept juga belom judulnya, gimana mau kerja????



~Alhamdulillah judul kita udah di acc di h-1 batas waktu. Lanjut bikin proposal dewhhh. Kalo proposal udah di acc baru deh kita bisa kerja. 

~Alhamdulillah proposal udah di acc pembimbing dan diserahin ke bu Tin. Setelah perjuangan kerja kelompok terus. H-1 pulangnya abis magrib. Tapi keuntungan juga soalnya habis itu malah di ajak makan sama anak-anak di Raito. Seneng banget bisa cerita-cerita lagi sama gengs walaupun gak full-team. Cerita ini itu, curhat sana sini udah lah pasti kalian tau cewe-cewe kalo udah ngumpul kaya apaan. Udah gitu pulangnya dianter Iren sampe rumah. Jadi ngirit ongkos deh. Sekaligus seneng juga soalnya udah lama ga ngobrol sama iren. Udah kaya pisah sekolah aja. Jarang banget ketemu. Sekalinya ketemu, ngomong terus sampe haus. 

Ohiyaa kita udah ngambil alat dari lab Anjen juga, janjian sama geng pekate kumpul jam 1. Udah hampir jam 1, ternyata bakinya ketinggalan diperpus dan perpusnya masih tutup. 
Pas udah ngambil baki, caw ke 207 ngambil alat tanpa Bukhori *lenyap tanpa pamit*, trus naro alat bertiga ke basecamp kita di AFNI.
Proposal udah, lanjut minggu depan mulai sintesis (pembuatan). 

~minggu sintesis telah tiba. Yeeeeay^^
Rabu, 19 Agustus 2015, pkt 21 mulai sintesis. Kita ngerjain deproteinasi 2 hari, karena hari pertama udah terlalu sore jadi harus di cut deh prakteknya.

~lanjut deh tanggal 20, deproteinasi 1 jam abis itu disaring, dicuci sampe netral trus di keringin di oven. Tanggal 21 lanjut demineralisasi.. Dikeringin di oven 24 jam tapi karena sabtu ga boleh praktek berarti kitinnya nginep si oven sampe senen wkwk.

~24 Agustus lanjut deasetilasi selama 4 jam. Deasetilasi itu proses ngerubah kitin jadi zat yang kita inginkan yaitu kitosan. Sampel dari proses diatas, ditambahin NaOH 50% diaduk sambil dipanaskan diatas hotplate.
Tadinya mikir kayaknya kalo nyaring sama nyuci sampai bebas NaOH kayaknya ga cukup waktunya. Soalnya NaOHnya kan yang 50%. Waktu deproteinasi aja nyucinya sekian jam, apalagi iniiiii????. Jadi ada yang ngusulin kalo nyaring sama nyucinya selasanya aja. Tapiiii karena the power of ingin memanfaatkan waktu dengan maksimal *eaaaaa* jadi kita putuskan buat nyaring dan nyuci *nekat*. 
Jam 3 sore lebih kita start, padahal lab tutup jam 4. Kita gercep (gerak cepat). Tau-tau udah jam 4 aja, kita mulai panik tapi lanjuuuuut teroooos.
Beberapa menit kemudian lab mulai sepi, satu persatu anak mulai ngeberesin kerjaan mereka dan keluar dari lab. Hanya menyisakan kelompok PKT 21 dan akhirnya kita yang suruh piket karena keluar paling terakhir padahal lab itu bukan basecamp kita T.T

~Minggu-minggu ini sungguh menguras coy, fisik iya, batin apalagi.__.
Gua kira semua bakal berjalan lancar, mulus, dan cepet nyampe tujuan. Ternyata... :)
Emang bener-bener, untuk mencapai kesuksesan itu jalannya panjang dan ga gampang. Bayangin aja lagi jalan disebuah jalanan yang sepi. Sesungguhnya jalan itu ga bener-bener sepi. Suatu saat pas kita jalan mungkin aja kita nemuin kerikil atau bahkan sampe batu atau kayu besar yang ngalangin jalan kita. Anggep aja kesandung batu kecil itu rintangan pertama buat menuju rintangan-rintangan selanjutnya yang lebih berat. 
Disini lah gue, di stage pertama. Setelah hari-hari sebelumnya tenang-tenang, nyantai, ketawa-ketiwi, mulai ngerasa nyaman dan klop.. Mulai deh minggu ini bakal awal dari kebalikan yang tadi disebutin. 
Fisik. Udah mulai pada tumbang. Banyak yang jatuh sakit. Drop. Dari yang pusing, pilek, demam sampe ada yang mesti bed rest. Gua udah ngalamin bagian ini, Alhamdulillah ga sampe tepar.
Batin. Ah kalo udah bicara batin mah cuma masing-masing orang dan Allah yang tau. Allah selalu tau apapun tanpa hambanya cerita. Tapi, cerita sama Allah 100% bikin tenang dan insya Allah dapet jalan keluar yang baik.


Targetnya, sebelum stulap semua analisis udah selesai dilakuin biar tenang juga stulapnya, ga mikirin sampel rusak apa engga wkwk.

~Ternyata realita ga sesuai dengan ekspektasi. Analisis belom beres. Tapi waktu udah nyeret-nyeret gua menuju Bali. Mau gak mau pkt 21 harus off duty untuk sementara waktu. Sampe pulang dari Bali. 

~Pkt 21 ga ada yang se bus. Kita semua mencar.  Sedih karna pasti jarang ketemu. Jarang bareng. Mainnya sama gengnya masing-masing. Huff.. Yaudahlah emang disuruh berpisah dulu kali, trus disatuin lagi di pkt wkwk. Ambil positifnya aja :)

~21 september 2015
Ketemu lagi sama mereka. Dengan suasana baru setelah 9 hari merefresh otak di bali dan di banten. Ga keliataan lagi muka muka lelah, perdebatan belom terjadi, ga ada yang sensi sensi senggol bacok :v
Suasana keluarga ini kembali harmonis wkwk
Jujur aja seneng banget liat mereka gini.. Bercanda, ngakak bareng, ngetawain sesuatu yang lucu, ngetawain tingkah Bukhari sama ce es-ce es nya (bapa bapa yang di lab), moodnya Soni juga lagi bagus, Dul ga memancing perdebatan, ledek-ledekan ini itu, dan masih banyak lagi. 
Stulap terbukti memberikan efek yang ruarr biasah pada keluarga somplak ini.
Rabu kita mau lanjut analisis parameter yang belom. Jar Test, Organoleptik, tds dan Kadar Nitrogen. Semoga aja 1 hari selesai. Aamiin.
Soalnya waktu udah semakin mepet menuju seminar dan ada uji kompetensi juga disela-sela sisa waktu ini.
Oh iyaaa kita abis UTS praktek AI loooh. Semua orang menghindari HPLC, eh ternyata HPLC cuma preparasi sama nginject doang, ga setting alat. Curaaaang!!
Oh iya hari ini Bukhari ultah wkwk. Happy Birthday Bukhari, semoga makin bener segala galanya aamiin.
Oke cukup...
Pokoknya hari ini gue seneng. Udah itu aja :)

~Waktu analisis kita udah semakin menyempit. Seminar sudah di depan mata. Kita ga mau sia-siain waktu yang ada. Secepatnya kita jar test, jar test dan jar test, TDS dan sisa-sisa penetapan yang belom. Kebut.. Saat yang lain udah beres, udah tenang, kita masih pake jas lab kemana mana. Selasa di minggu terakhir kita uji organoleptik, rabu nya kita jualan buat kewirausahaan. Start duluan sebelum yang lain. 
Ahh pokoknya hari rabu analisis kita bener-bener kelaaaar dan semua data udah masuk Alhamdulillah. 

Lanjut kamisnya kumpul keluarga *ceritanya Q time gitu* *gak deng* *ngerjain makalah, laporan dll*

~cepet banget iniiii.. Hari ini kita udah seminar dan rasanya plong banget. Lega yang bener-bener lega. Ga ada lagi ga tidur sampe jam 2 malem buat ngurusin apa-apa aja yang kurang buat seminar, ga ada lagi pas bangun tidur yang dipikirin cuma satu = seminar, ga ada lagi ngerelain ngga makan demi ngurusin buat seminar, ga ada lagi grup whatsapp rame ngebahas ini itu dan ga ada lagi alasan buat ga tidur dengan nyenyak tanpa memikirkan beban (seminar). 
Habis seminar, PKT 21 makan bareng, abis itu gua diajakin alfi main. Biasanya rencana main kita selalu gagal karena gua harus kerja kelompok terus. Sekarang mah mau main kapan aja, kemana aja hayo lah berangkat.

Kesan pesan:
Kesan : awalnya biasa, lama - lama asik, seru, mantap lah ga rugi juga sekelompok sama mereka. Disini gua belajar banyak tentang kerjasama, planning, kerja bener, target, percaya kemampuan orang lain, ngontrol emosi, ngeladenin cowo-cowo, memahami cowo-cowo, peka akan mau dan maksud dari cowo-cowo, sabar, sabar dan sabar banget.

Pesan: semoga kekompakan ini tetap terjalin sampe kapanpun. Kita keluarga. Ga mesti harus ngomongin tentang pkt doang, kita bisa share apapun. Katanya keluarga? Dan jangan lupain 12-10-2015. Kita kerja selama 3 bulan untuk kesuksesan hari itu. 


Makasih. Gua seneng karena mereka partnerable abis.

Foto-foto ga penting..

Anak pantai.. jemur udang baunya kemana-mana hahahaha.

Kulit udang banget?

Cie produk koagulan yang hampir release

Liat kotorannya?

Nyuci banget? Jujur, sebenernya masker 1 lapis itu kurang

Sunset with them *eaaa* kurang ATB

Buatan ATB pas lagi jaman stulap, kangen T_T
Terharu sama usahanya


Gaya banget. Tampil aja belom wkwkw

Freak moment. Lagi selfie tiba-tiba penguji noongol di pintu 0.0


Terakhir. Nama grup whatsapp^^

~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :