Langsung ke konten utama

Seminar

AI-3

Udah jam 10. 30 menit yang lalu harusnya 13-3 udah didalam Lab AI-3. Tapi karna kelas 13-4nya belom selesai praktek, jadi ya kita nunggu mereka selesai.
Daripada bosen, diem aja sementara yang lain ngobrol tentang apapun, gua lebih memilih nulis untuk saat ini.
Jadi AI udah dibagi grupnya. Gua kebagian kelompok AI 3 bareng cowo-cowo (lagi). Hm entahlah... Mungkin di kelas 4 ini gua ditakdirkan untuk mengerti pemikiran para cowo-cowo haha. Gatau deng. Gua juga ga ngerti mesti seneng apa sedih. Jadi gua lebih milih bersikap biasa aja. 
Dan partner AI gua adalah....
To be continued ~ saatnya siap2 masuk lab...



~ Hyaaaaa akhirnya penetapan pertama AI beres jugaaa. Masuk jam 11 kurang jam setengah 2 udah keluar. Tinggal nulis perhitungan.
Hari ini AI praktek perdananya 13-3. Dan pertama kalinya gua make alat GC (Gas Chromatography). Beuhhh kece amat ya kelas 4. Ada nge-inject sampel (kaya suntikan) jadi berasa dokter wkwk *maklum anak kampung*
Cuma masukin sampel ke alat pake samacam suntikan, trus keluar deh data berupa peak (kurva) dan udah ada nama-nama senyawanya lagi. Gilsss mantep bener ni alat.

Oh iya nama kelompok....
Jadi gua sekelompok bareng...
1. Adi Dwi A
2. M. Trisyan Viky

Sebelumnya gua belom pernah sekelas bareng mereka tapi kita praktek hari ini seru dan lancar Alhamdulillah.
Mereka sama-sama tinggi, pake kaca mata, hari pertama ga kebagian map. Tuh hari pertama aja udah samaan. Apa perlu gua juga pake kaca mata tiap AI, ngebalikin map dan ninggiin badan biar kompakan bertiga? 
~ Hari senin kemaren praktek ai bareng kelompok 3 lagiiiii. Kelompok 3 disatuin sama kelompok 4 jadinya rameeee banget sama cowo-cowo, cewenya cuma 2 *cewe-cewe strong*.
Penetapan yang dilakuin itu Penetapan Kadar Thiamin dalam Vitamin B1 dengan HPLC. Suasana makin baver gara-gara semua orang ribut minta buffer (baca: bafer) fosfat. Soalnya cuma bikin 1 untuk 2 kelompok dan pakenya gantian. So they said:
"Buffer dong buffer" "Buffer mana buffer" "yong ambilin buffer" "feb buffernya jangan diabisin" "kakiw buffernya ditampung dulu jangan nyaring lagi" "buffer mana sih?!" "Fa mau buffer" 
Dan kakiw pun ga tahan sama kata "buffer" akhirnya he said: 
"Dari tadi buffer mulu. Berisik!" *maksud dia baper kali ya*

Kita pake HPLC (High Performance Liquid Chromatography) buat ngukur. Alat ini beda sama GC ( gas chromatography ), HPLC fase geraknya cairan, kalo GC fase geraknya gas. Alat mahal ya Allah. Kata adi biaya kita makan seumur hidup aja ga akan sanggup buat beli ini alat wkwk. Lebay banget anjer adi-_-

 
Di preparasi kita lamaaaaa bangeeed ga kaya biasanya. Ngakak sana sini. Pas giliran mau ngukur pake alat, eh ternyata alatnya masih di setting sama pa Jae. Nunggu deh diruang instrumen. Sambil nunggu, kita satu-satu belajar nge-inject sampel pake larutan blanko. Seruuuu berasa dokter. Wkwk.
Udah lama nunggu akhirnya HPLC nya udah bisa dipake. Satu persatu anak nyobain nge-inject sampel ke alat. Setiap penginject-an nunggu lumayan lama baru muncul kromatogram. Sambil nunggu, kita nulis Instruksi Kerja alat trus minta difotoin ifa deh depan HPLC.



Abis kerja, datanya langsung di print, di fotokopi buat semua anak. Istirahat, makan siang trus balik lagi ke lab. buat ngerjain lapsus bareng cowo-cowo coeg :v *abis ngebully mulu, aji doang yang ga coeg wkwk*.
Ternyata udah ada Adi sama Iyong (Trisyan) di dalem dan mereka lagi memformulasikan rumus perhitungan. Udah nulis panjaaaang ternyata salah *emang coeg*. Dan gua merasa beruntung karena belom nulis apapun wkwk.
Minggu ini Adi sama Iyong mendadak coeg parah. Ngeselin. Kompak ngebully hufff. Tapi seneng pas mereka berdua nyamperin gua pas lagi nyuci vial trus mereka bilang "feb data kita keren siah" 
Gua : "bisanya keren?" Adi : "kromatogramnya hampir sama kaya standarnya"
Gua : *ngeliat* "ih iya siah. Kece kece" Adi : "yaudah gua fotokopi dulu"

Udah tuh beres. Ternyata udah di sms ketua PKT 21 suruh ke perpus dan akhirnya caw perpus deh. Karena ada suatu hal, kita gajadi ngelanjutin proposal diperpus. Tapi depan GSG yang ada kursinya. Kita mojok weh bertiga tanpa Bukhari. Asik sendiri. Berantem sama Dul, gua sama Dul minta pembelaan Soni, Soninya ngelerai kita terus nyuruh si Dul lanjut ngetik biar ga berisik. Ngerjain alat bahan sampe laptopnya mati keabisan baterai. Akhirnya Soni sama Dul balik duluan. Mereka ngajak balik bareng sih tapi karena ada Claren, gaenak kalo ditinggalin Claren nya jadi mereka duluan deh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :