Langsung ke konten utama

Seminar

Zenovacation

Salah satu momen yang paling paling berkesan bagi anak SMAKBo adalah stulap. Stulap adalah kependekan dari studi lapang. Di dalam stulap ada 2 jenis kunjungan: kunjungan industri (ke pabrik) dan kunjungan wisata (bali).
Stulap cuma ada di kelas 13, karena kelas 13 ini dianggapnya mau menapaki dunia kerja, jadi harus diberi bekal, informasi, dan gambaran mengenai dunia kerja atau dunia yang sesungguhnya. Ada 2 tujuan stulap: jawa-bali dan jawa-banten. Untuk yang ke jawa-bali lama stulapnya 9 hari, sementara yang jawa-banten cuma 3 hari. Untuk yang jawa-bali, dibagi menjadi 5 bis (gua bis D) dengan tujuan industri yang berbeda dan lokasi yang berbeda. Ada 5 kunjungan industri dan beberapa kunjungan wisata di bali. Jadi, untuk kunjungan industri itu sesuai bis , kalo wisatanya gak mandang bis, seangkatan di gabung. Untuk yang ke jawa-bali cuma 1 minibus ke 5 industri dan 1 tempat wisata kalo ga salah.
Zenovacation!
Yaiyyyy ceps... Setuju ga kalo ini adalah penantian yang panjang? Nunggu momen ini dari awal masuk smakbo. Kalo lagi bete karena banyak tugas suka pada bilang "kapan stulap?" "Udah kita langsung stulap aja yuk" dan lain-lain. Ga kerasa kita udah ngelewatin momen ini yang menurut gua sangat sangat mengesankan.
Zenovacation, nama acara stulap angkatan 58 tahun 2015.
Berawal dari pembuatan baju stulap dan sweater angkatan yang sumpah MENDADAK aja. Ribut sana sini, nagihin uang via langsung maupun sosmed. Butuh waktu dan usaha yang ga gampang buat nagihin 1 angkatan mana ga murah juga. Lumayan lama kumpul duitnya. Kadang ada yg lupa bawa duit, belom punya duit, ada juga yang bayarnya sengaja pengen akhir-akhir dan ada juga yang trauma sama kejadian waktu itu *ituloh* . Ga terlalu ngerti ah. Pokoknya salut banget sama dewan 58 yang dengan usaha dan kerjasamanya akhirnya uangnya kumpul semua, bajunya bisa di proses dan jadi sebelum berangkat stulap.
Lanjut, H-seminggu berangkat udah mulai rame anak anak pada ngebahas list barang apa aja yang harus dibawa, bawa tas berapa, kopernya yg kecil/ yg gedee pokoknya rame deh apalagi menjelang hari H nya. Apa atuh pkt 21 mah keep focus ngejar analisis.. Baru ngepack aja 2 atau 1 hari sebelum deadline ngumpulin koper. Grup gak se sepi biasanya. Semua ribut ini itu. Apalagi grup yang isinya cewe doang. Ampun dah itu.__.
Lanjut lagi hari Hnya...
58 dijadwalkan berangkat jam 6. Tetep aja NGARET itu kayaknya ga bisa dihindarkan. Nyampe sekolah, masuk ke bis masing masing trus berangakat deh ke tujuan masing masing.
Karena gua bus D.. Gw bakal ceritain keseruan apa aja sih di dalam bis gue iniiii...
Oke lanjuuuut~
Dari bogor semua bis caw ke kawasan industri jaba beka, semua bis berpencar ke industri industri yang udah ditentukan (masih satu daerah). Untuk bis D, tujuan pertama kita adalah PT EJIP (East Jakarta Industrial Park) di cikarang.
Sebelum nyampe, kita semua bertanya tanya ejip itu pabrik apa(???). Saat itu, anak anak di bis D belom ada yang tau ataupun terbayang ejip itu perusahaan apa.
Sampailah kita di tujuan pertama. Yeaaaay...
Yang kita lakuin pertama kali setelah turun dari bis adalaaaahh... Betuuul. Foto di halaman sebuah gedung yang ada tulisannya "EJIP center". Setelah puas, kita di arahin sama seorang bapak yang pastinya adalah karyawan perusahaan tersebut ke sebuah ruangan (penataannya kaya ruang sidang). Disitu kita disambut sama bagian HRD nya, sambil nunggu managernya dateng kita disuguhi makanan kecil sama kopi dan teh. Nggak lama kemudian managernya dateng  dan ngejelasin PT ejip dengan segala detailnya, lanjut sesi tanya jawab, setelah itu kita plant tour (ngeliat proses/ turun ke lapangan).
Singkatnya, ternyata EJIP itu perusahaan pengolahan limbah cuyy... Limbah dari pabrik mana aja ( yang satu kawasan ) dikumpulin disini dan diproses dengan alat-alat yang baru pertama kali gue liat. Pokoknya ruarr biasahhh.
Hal yang paling gua inget waktu plant tour adalah...... Apa hayoooo???
Yaituuu....
Jar Test. Karena produk pkt gua adalah koagulan (penjernih air) jadi nyambung deh *langsung keingetan pkt 21 wkwk rasanya pengen mereka ada disini*
Namanya juga pengelolaan lingkungan. Pasti ada hubungannya sama air. PT ejip juga ngejernihin air limbah pake koagulan. Bedanya, kita skala kecil (cuma pake piala gelas sebagai wadah airnya) sementara pabrik ini skala besar.  Pengaduk, tempatnya, alat buat flokulasi, pipa pipanya.. Semua ukurannya gede aneutt...
Ternyata proses buat ngejernihin air limbah itu lumayan panjang.. Soalnya, kandungan limbah kan macem macem, bisa ada logam, mikroba, dan lain lain yang harus di ilangin.
Ohiya.. Karyawan karyawan di ejip juga ramah-ramah.. Ada yang mau maunya ngedokumentasiin kita pake slr, ngawal kita kemanapun kita pergi, ngejelasin dan saling ngebantu ngejawab pertanyaan-pertanyaan kita. Sebelum pulang, mereka kumpul buat ngelepas kepergian kita *wkwk* menuju tujuan selanjutnya yaitu semarang. Bus D juga foto-foto sama beberapa karyawan pt ejip. Pokoknya kunjungan pertama kita ga sia-sia. Kita dapet banyak ilmu coy...
Lanjut, dari ejip kita (cephatrov) menuju Semarang. Nyampe penginapan malem hari. Nama tempatnya itu Balai Latihan Kerja. Gua tidur sekamar berenam plus 1 orang illegal bernama Stealla wkwk karena di kamar ini ada temen-temennya jadi dia gak tidur dikamarnya. Kamarnya cukup comfy, muat buat kita bertujuh wkwk. Ada 4 kasur, ada yang berdua ada yang sendiri. Nyampe kamar, kita semua gantian mandi (padahal udah malem kurang lebih jam 10 an), udah beres mandi semuanya.. Kita ga ada yg bisa tidur. Akhirnya kita makan jajanan tengah malem sambil nonton tv. Kamar sebelah udah sepi.. Kayaknya sini doang yang masih melek. Akhirnya setelah kurang lebih jam 2 pagi, kita semua tidur sampe pagi *dibangunin alarm*. Kita kesiangaaaan. Gara-gara gak langsung tidur sih semalem. Mana masih ngantuk._.
Langsung deh gantian mandi pagi. Karena 1 orang mandinya luamaaaa bangeets jadi gue ngalah mandi di kamar sebelah yang anak anaknya bangunnya pagi *apa atuh kitamah*. Lanjut deh kita sarapan bareng.. Disana udah rame anak anak lain yang udah pada rapi (pake seragam + dasi). Setelah makan, semuanya menuju bis masing-masing sambil nyeret-nyeret koper.
Bis D berangkat dari penginapan menuju PT Djarum Kudus.
Sesampainya disana, kita masuk ke semacam lobby. Trus foto-foto disitu. Setelah itu kita diajak tour ke laboratorium yang ada disini. Lumayan banyak juga labnya, dan alat alatnya juga keren-keren. Ada gc, gc-ms, ada alat yang baru gua liat "smoking machine", dan lain-lain yang nyebutnya aja susah.
Tapi yang bikin gua penasaran adalah "panelis" nya. *searching aja ya di google wkwk* gua penasaran aja sama orang yang jadi panelis disini. Kata salah satu pegawai sini, panelis roko itu dalam satu hari ngetes roko bisa puluhan loh. Iyaaa... Di isep satu satu. Katanya, panelisnya itu bisa ngebedain setiap roko yang dia isep, udah kadaluarsa apa belom, masih layak jual atau engga, masih enak atau engga *lu kira dimakan kali._.*
Pokoknya gitu deh. Tapi sayangnya kita cuma sebatas di labnya aja. Ga sampe produksi juga.
Bingung aja gitu, ada aja orang yang serela itu ngejual paru-parunya. Ahsudahlah.
Trus kita diajak ke sebuah rumah adat punya PT Djarum, disana kita dijelasin sejarahnya dan bangunan itu dibuat seperti aslinya. Kayu-kayu yang diukir jadi ciri khas bangunan ini.
Sebelum pergi, gak lupa kita foto keluarga dan ngasih plakat. Selanjutnya kita caw ke Surabaya.
Nyampe di Surabaya malem juga. Bis C dan D (kalo ga salah) nginep di Wisma Kesehatan Surabaya, sementara bis lainnya di Wisma Remaja. Ngerasa gimanaaa gitu pas nyampe lokasi. Wisma Kesehatan coy. Ko mirip rumah sakit? Malem-malem nyari kamar sambil nyeret-nyeret koper, ternyata gua kebagian kamar di ujung belakang (sebelahnya masih ada kamar sih). Kesan pertama masuk ke kamar ituu rasanya pengen pulang ke bogor T.T atau engga pindah deh jangan disini. Ga terlalu suka suasananya plis banget. "Bring me back to bogor please" hati ngejerit jerit tapi muka so tenang.
Gua sekamar bareng 3 orang lainnya, dikamar ini cuma ada 2 kasur jadi tidurnya berdua-berdua. Sesampainya disini, kita gantian mandi. Btw, gua dapet antrian mandi pertama wkwk. Habis semuanya mandi, kita ngobrol bentar (gak bentar sih), malah banyak yang kita omongin disini.. Udah mah sambil ketawa ketawa padahal udah malem banget, sebelah sepi *kayaknya kita doang yang berisik*. Udah mulai nguap nguap nih, akhirnya kita semua tidur dengan nyenyaknya sampai pagi.
Pagi harinya, bis D berangkat menuju PT Suprama (mie burung dara) di Sidoarjo. Disana kita ketemu rombongan bis B yang udah nyampe duluan di lokasi. Setelah masuk ruangan, kita dikasih liat video klip produk yang disajikan oleh tim di pabrik ini. Videonya asli bikin ngakak kita semua. Setelah sambutan segala macem, kita dengerin presentasi dan diajak tour keliling produksi (tapi cuma ngeliat dari kaca doang). Setelah itu ada sesi tanya jawab. Sebelum pulang kita dapet suguhan mie *yeaaay... Makaaan, Rey sama Wanted pasti semangat bgt*. Selain dapet mi mateng, kita juga dapet mentahnya. Lumayaaan bisa buat pengganjal waktu di bis wkwk.
Hari ini bis D ada 2 kunjungan. Kunjungan yang kedua itu ke PT aneka coffee industry. Lanzut.....
Ternyata perjalanannya ga terlalu lama. Sesampainya disana, kita foto-foto sendiri di kawasan, solat lalu menuju sebuah ruangan pertemuan. Ternyata di ruangan udah disediain kopi di coffee machine (ngambil sendiri kitanya) dan lo harus tau, kopinya enak bangetttt sampe pengen bawa pulang :(
Setelah penyambutan blablabla, kita di ajak ke ruang produksi dan labnya. Alat alat di ruang produksi guedenya bukan main. Karyawannya cuma dikit, kerjanya cuma ngoperasiin alat. Yang kerja mah alat yang gede gede itu. Kita juga ngeliat limbah kopi dan proses penjernihannya. Di ruang produksi kita jadi belajar, kalo kopi yang tinggal kita minum, yang ada di warung itu ternyata melalui proses yang panjang. Semuanya harus diatur sesuai standar yang berlaku.
Lanjut ke labnya, banyak juga alat alat yang sama kaya disekolah tapi ada sesuatu yang baru disini "alat destilasi otomatis" lupa istilahnya apa. Di smakbo kalo destilasi, penitarannya masih manual. Kalo ini, dari destruksi, destilasi, penitaran itu bisa dilakuin sama 1 alat ini. Oh iyaa.. Kebetulan kita juga diajak ke ruangan panelis. Disitu ada 4 orang panelis yang lagi nyobain beberapa kopi ( yang udah diseduh loh, jangan mikir bubuk kopi :v ) Hmmm... Kita ditawarin nyoba, tapi karena itu kopi item (uwe gasuka) jadi nolak aja.
Abis itu, kembali lagi ke ruang pertemuan tadi, terus sesi tanya jawab. Btw, sebelum sesi tanya jawab sambil nungguin semuanya kumpul, gua ngambil 1 cup kopi lagi dari mesin kopi. Nagih bangett.. Ga mau rugi juga wkwk.  Sebelum pulang kita foto keluarga di kawasan. Yeaaa dapet banyak ilmu hari ini. Salah satunya adalah gua jadi tau kenapa kopi instan ga ada ampasnya.
Selanjutnya, kita menuju tujuan yang kita tunggu tunggu. Yaitu......

Baliiiiiii!!!!! Yuhuuuuuu
Lanjutannya di postingan khusus Bali~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :