Langsung ke konten utama

Seminar

APL

Analisis Parameter Lingkungan
Laboratorium baru yang cuma ada di kelas 13. Disebelah ruang AFNI atau AI1 (basecamp 13-3). Di APL, kita mempraktekan analisis yang berhubungan sama lingkungan kaya air, udara, kebisingan, radiasi sama debu. Materi besar APL semester ini:


1. Jar Test (air)
2. Air Sampler (udara)
3. Dust Sampler (debu)
4. Sound Level (kebisingan)
Kerjanya dalam tim. Tim nya sama kaya AI 3 berarti gua bareng Adi sama Iyong (Trisyan) lagi. Yeaaaaa ceunah :v
Gatau mesti seneng apa biasa aja wkwk.
Alat-alat di APL udah kelewat canggih daripada lab-lab lainnya. Cuma setting alat, nyalain, nunggu, catet hasil trus matiin deh. Nge set nya juga ga ribet kaya AAS atau HPLC ko. Malah ada yang kebangetan namanya alat Digital Lux Meter buat ngukur intensitas cahaya. Alatnya nyatu sama tempatnya. Caranya tinggal buka tempatnya, deketin ke cahaya, muncul deh angkanya trus dicatet. Geblek. Kelas 4 makin menggila aja.
Sesuai ama kemudahan pakenya, ya harganya juga ga murah. Entahlah itumah urusan sekolah kita mah cuma cukup ngerti prinsip sama cara pakenya aja wkwk.
Penetapan pertama alfa 3 (ciee nama grupnya nambah) itu penetapan 3 yaitu dust sampler dan teman-temannya yaitu...
Air flow & Air velocity anemometer sam satu lagi itu Portable Environmental Particular Monitor
Hese kan namanya? Emang.
Tapi cara pake alatnya simpel pel pel sangaddd.
Alfa 3 kerja bareng sama Beta 3 yaitu Nugi, Alfi dan Diana. Beuhhh makin seru aja prakteknya.
Sempet-sempetnya foto-foto....
~praktek di minggu selanjutnya, kita ngelakuin penetapan Sound Level dan kawan kawannya, yaitu Digital Lux Meter sama Area Heat Stress Monitor.
Hari ini kita gak bareng kelompok Beta 3, kita cari lokasi sendiri.
Pertama kita pake alat Area Heat Stress Monitor buat ngukur kelembaban. Kita ambil 3 lokasi : lapangan, kantin dan gudang bahan kimia.
Sambil nunggu 10 menit buat nge stabilin alat, sii adi sempet-sempetnya sarapan di kantin._.
~di minggu selanjutnya, kita praktek Jar Test dan kawan-kawannya. Kali ini berhubungan sama air. Jar tes hubungannya sama ngejernihin air pake koagulan. Jadi, jar tes itu dilakuin buat tau berapa banyak koagulan yang dibutuhin buat ngejernihin sekian mL air keruh gituu. Kendala kita di pengaturan pH. Lebih ke kesalahan penangkapan informasi sih. Harusnya yang diatur pH netral itu kan sampel airnya, eh kita malah netralin koagulannya. Pas jar test ko airnya ga jernih. Berarti ada kesalahan. Trus ngulang deh, soalnya udah tau salahnya dimana.
Alat tambahannya yaitu : turbidimeter, buat ngukur kekeruhan air satuannya NTU. Trus ada juga DO meter buat ngukur oksigen terlarut dan yang terakhir itu spektrofotometer COD reaktor buat ngukur oksigen dlm air yang  settingnya cuma bentar tapi nunggunya 2 jam.. Abis itu datanya muncul sendiri ckckck.
Lanjut minggu depan ujian praktek 3 alat pokok yang diatas.... Zzzzz~
Rabu, 23 sept 2015 kita uts praktek APL. Adi dapet sound level, Iyong dapet dust sampler dan gw dapet jar test. Sekian~
~Rabu selanjutnya, kita praktek Air Sampler dan kawan kawannya. Praktek terakhir nih huhuuuu. Artinya terakhiran juga bareng alfa 3.
Waktu praktek air sampler, pertama kita ngikutin SOP yang rada kurang lengkap. Kita kerja dengan mengira-ngira. Awalnya kita ngeganti larutan penjerap di tabung impinger ( 1 orang 1 tabung ), abis itu pasang ke alat trus tekan tombol on. Trus ditunggu deh selama 30 menit. Disitu kita ragu, sepertinya ada step yang kurang. Ah bodo amat. Tapi kepikiran... Apa ya yang kurang hmm...
Tiba-tiba Adi kehausan dan dia mau beli minum, dan yang mengherankan adalah.. Si adi nawarin kita minum *gaya gayanya sih mau nraktir*
Adi : "aus gua, beli minum dulu ah. Lu mau gak feb yong?"
Gw : "weh gausah ditanya"
Iyong : "boleh tuh. kaya biasaaa"
Adi : "oke kaya biasa. Teh gelas? (nunjuk gw) teh gelas? (nunjuk iyong) *sambil nyengir"
Gw : "goltea :p"
Adi : "yang biasa kan?"
Gw : "goltea vanilla latte" *maksudnya goltea pake goodday vanilla latte*
Iyong : "samain aja di :p"
Kemudian Adi pun pergi ke kantin.
Pas adi pergi, karena masih kepikiran sama kerjaan yang ga meyakinkan, iyong berinisiatif nanya pa Wardan. Beberapa menit kemudian iyong balik membawa informasi. Ternyata step kita salah. Kita ga ngatur skala flow. Ngulang. Adi dateng bawa minuman. Bapa iyong ngejelasin informasi yang dia dapet ke Adi. Lanjuuut.
Sambil nunggu, gua sama Adi ngerjain tugas kanal (iyong udah beres ngerjain). Trus ada esa sama dean gabung sama kita. Tiba-tiba ada kucing kecil 3 warna lucu aneeeet.
Dan 4 cowo disebelah gua kebetulan suka kucing semua. Kucingnya ngedeketin Adi awal-awalnya *mungkin merasa ketemu ayahnya wkkw*
Iyong dateng-dateng bawa sosis buat si kucing. Akhirnya dimakan lah sosis itu sama si kucing kecil itu.
Trus esa ngasih kucing itu minum pake tutup goltea yang diisi air. Setelah merasa kenyang, si kucing akhirnya tidur di kakinya esa. Lo harus tau dia lucu banget (kucingnya).
Gua cuma ngeliatin cowo-cowo itu. Lucu banget deh liat cowo mainan kucing. Seperti punya dunia sendiri. Ngajakin ngobrol lah, ngelarang ini itu, lucu deh mereka hari itu.
Trus kita praktek alat CO analyzer, vibration meter sama 1 alat lagi semacam laser yang ngukur rotasi/detik. Kita ngukur gas CO knalpot motornya si Adi. Sambil menuju parkiran, kita ngajak si kucing itu. Kucingnya dimasukkin ke kantong jas labnya adi dan dia tidur dengan lucunya. Pas kita praktek, kucingnya dititipin ke ka kiwi yang lagi nganggur *seperti biasa*. Abis beres praktek kita ngembaliin alat dan kucing itu juga. Udah deh beres APL nyaaa... Belom bisa balik, masih harus ngerjain TDS sama jar test lanjutan. PKT.. PKT.. Akhirnya beres juga kamuuuu :3
Taukah kamu betapa lelahnya diri iniiii???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :