Langsung ke konten utama

Seminar

PKL

Halooo...
Gua udah beres PKL loh *ya terus??*... Udah ga counting down mingguan lagiiii wkwk. Gua PKL di PT Dankos Farma, anak perusahaannya Kalbe Farma. Lokasinya di kawasan industri Pulogadung. Btw, baru tahun ini loh anak smakbo ada yang PKL disini. Jadi ga ada contoh laporan kaka kelas *pe er banget ini laporan.__.*


Sebenernya ga jauh sih perjalanan Jakarta - Bogor, cuma 1 jam kalo pake kereta. Tapi, untuk mengefisiensikan waktu dan biaya ongkos jadinya disuruh kos aja sama ortu. Kebetulan dapet yang murah, 250k 1 bulannya, 1 kamar berempat. Kostannya sederhana sih tapi semua yang gua butuhin ada, jadi ya nyaman aja. Asal gua bisa tidur mah seneng-seneng aja sih.
Tanggal 8 Nov gua beres2 kosan, kenalan kenalan, adaptasi gitu-gitu deh. First day tidur di kosan, not bad lah. Tapi pas bangun badan pada sakit abis tidurnya pake kasur lantai kan hahahah.

Kan gua 1 kamar berempat tuh.. Mereka itu semuanya karyawan Dankos loh tapi mereka dibagian produksi. Gua paling muda dong disini, lo harus tau. Di produksi ada 3 shift dan tiap minggu mereka ganti shift, jadi kamar jarang full. Full nya kalo weekend aja.
Hari pertama PKL, gua dateng ke PT Dankos janjian sama partner gue, kenalin, namanya Irsyan. Kita janjian di depan gerbang. Doi dateng sama sodaranya yang karyawan PT Dankos. Trus kita ke lobby mau ketemu orang HRD. Kita disuruh nunggu dulu, lumayan lama. Kita ngobrol, ngomongin ini itu, apa aja dikomentarin wkwk. Trus kita ngajak ngobrol calon karyawan yang sama-sama lagi nunggu juga, dia mau tanda tangan kontrak tuh wiiih.
Udah nunggu lama, kita dibawa ke sebuah ruangan, nama ruangannya ruang Auditorium Mixagrip *tadinya gatau, sekarang udah tau soalnya tiap hari kalo mau ke kantin lewat situ*. Disitu nungguuuuu lagi. Awalnya bertiga sama orang yang mau ttd kontrak itu, trus dia diajak pergi sama orang HRD nya dan akhirnya gua cuma berdua sama partner di ruangan itu. Gak kebayang kalo misalnya saat itu gua sendirian yang PKL disitu trus gua nungguuuu tanpa ngelakuin apa-apa. Bisagila._.
Akhirnya kita diajakin ke lab QC (Quality Control). Disana kita tour lab QC dipandu sama ka Verika, *Btw hari senin minggu ke 6 gua ketemu dia pas abis dari kantin, dia ramah banget :)*. Trus nungguin manager dateng di ruang manager, sambil nunggu kita disodorin SOP suruh dibaca. Yaudah kita baca. Udah beres baca manager belom dateng juga. Akhirnya baca ulang beberapa kali sampe bosen.
Lab QC hari itu cukup sibuk. Mereka sibuk sama kerjaan masing-masing jadi gua merasa kita diabaikan. Gua ngerti lah mereka lagi fokus sama kerjaannya. Akhirnya setelah lama menunggu, ibu managernya dateng juga, dia bilang gua dan Irsyan bakal dipisah.. Gua di lab mikro, dia di lab raw material (RM), nanti setelah 2 bulan kita di switch. Udah gitu kita disuruh pulang dan besok suruh masuk jam 7.
Udah weh hari pertama gitu doang. Pulangnya dianter partner sampe kostan, kita ngobrol sepanjang jalan *serius ini seharian ngobrol mulu dari pagi tapi ga beres-beres obrolannya*. Akhirnya dia pamit soalnya udah ditungguin sodaranya. Trus gua masuk kamar, minggu ini yang shift 1 cuma mba Ilmi. Malem itu gua makan dibayarin doi, maklum masih awal bulan wkwkw.

~Esoknya, gua langsung ke lab mikro, tapi kalo ke mikro harus ngelewatin lab QC dulu. Nyampe disana kenalan kenalan tuh.. Minggu pertama di black bantu-bantu bu Pur bikin media, ngebungkus alat-alat, baca SOP, dll. Selama seminggu gini terus.
Di kosan kerjaannya tidur doang, bangun cuma kalo mau makan, solat dan ke kamar mandi. Ampun dah kalo dirumah kaya gini mah abis kali gua diceramahin nyokap.__.
Weekendnya balik ke bogor. Sabtu kesekolah niatnya sih mau konsultasi sama pembimbing, konsulnya mah bentar, curhat sama temennya yang lama. Makan siang di raito lagi *jadi inget waktu di smakbo suka kesitu*. Kali ini bareng Jihan dan.... Wahid (?). Percaya gak lu? sama gua aja kagak. Jihan malah alay banget katanya: "kaya mimpi". Eh tapi itu real ko beneran deh. Minggu pagi balik ke kosan sendiri. Independent girl banget ga? wkwk

~Minggu selanjutnya gua di grey, diajarin uji endotoksin sama bu Par, minggu kedua sama ketiga ngerjain endotoksin mulu sampe muak. Minggu ini satu shift bareng mba Putri dan mba Ursy. Tiap malem cari makan bertiga. Kadang mereka lebih suka cari makan yang jauh-jauh, segala ke luar kawasan niat banget ckckck. Hari kesekian digratisin ayam bakar sama es bubble sama mereka.
Weekend kedua ga pulang, tapi malah main ke BTM *diajakin nonton Mockingjay* *Alhamdulillah yah ada yang ngajakin*. 
Weekend ketiga pulang, kalo ga pulang mungkin gua diajak ke TMII sabtunya soalnya mba mba ku abis gajian wiiiih. Niat pulang sebenernya sih karena mau kesekolah ketemu Jihan, tapi gagal karena mager parah. Akhirnya cuma numpang tidur doang dirumah dan minggunya pulang sendiri lagi naik kereta *jadi terbiasa kemana mana sendiri*. 
Malemnya dikosan ditraktir nasi bebek + es bubble beuhhh rejeki emang wkwkwk.

~Baru deh minggu keempat diajarin yang lain, kaya: batas mikroba, validasi sterilisasi, nyiapin petri buat pemantauan (nyortir) diajarin sama ka Neng, diajarin endotoksin air, nyaring alkohol, dan BBL sama ka Imam.

~Minggu kelima, personel lab mikro berkurang. Ka Nana yang cekatan, ga pernah ngeluh, baik, bawel dan cempreng itu mesti pindah tempat kerja. Ka Nana yang ngajarin cara ngerjain sampel endotoksin sekaligus banyak, dia juga yang pertama kali ngajak ke lab onko. Ka Nana yang suka curhat tentang ka Suhe. Ka Nana yang setiap dateng ke lab pagi pagi matanya sembab. Ka Nana yang kuat hatinya. Ah bakal kangen sm ka Nana. Semoga ka Nana sukses dengan kerjaan di tempat barunya dan sembuh juga dari penyakitnya.
Di minggu ini juga akhirnya gua dapet judul buat laporan. Setelah dapet judul laporan langsung tuh Ka Neng ngajarin teori dari judul yang gua pilih. Mba Tari ngajarin hitungan pengenceran. Mantap!
Oh iya minggu ini Jakarta sering diguyur hujan. Alhamdulillah banjirnya belom masuk sampe kamar. Tinggal nunggu waktu buat ngungsi aja ini mah haha.
Weekend ini balik ke Bogor dong udah homesick parah. Minta dimasakin seblak sama Anggi biar pas nyampe rumah gua tinggal makan hahaha like a boss *seperti biasa wkwk*. Sabtunya konsul bentar pulangnya kehujanan. Gapapa lah ujan air inih. Trus minggunya ke Botas dulu beli buku di Gramed nya. Jam 2an baru naik kereta coba biasanya mah jam 10 udah otw. Di stasiun ketemu Galuh Laras sama Alin Sukma jadi ada temen deh sampe Pondok Cina. Sampe stasiun Manggarai mampir dulu ke Sevel *seven eleven* abis ga nahan pengen slurpee *haha maapin*. Eh taunya pas keluar dari sevel kereta yang mau ke Bekasi udah nungguin. Karena gua bawa minuman jadi naik kereta yang dibelakangnya deh akhirnya. Alhamdulillah nyampe kosan dengan selamat tanpa cacat. Abis itu tiba-tiba denger kabar duka....................................
SMAKBo kembali berduka.

~Minggu keenam, kembali lagi dengar rutinitas harian = endotoksin. Hari senin ini berasa gabut padahal sampel numpuk wkwk. Pengen ikut sampling air ke onko sama ka Imam *pengen jalan-jalan doang sih, abis bosen* tapi apalah daya gak diajak :') yaudah jadinya bantuin di black bentar sampe makan siang. Ku kira bakal makan siang sendiri kali ini. Ka Neng di onko, ka Imam makan jam kedua, Irsyannya gitu, jutek *mungkin perasaan gue doang* sibuk dia udah kaya orang bener aja wkwk, bu Par masih di grey. Ahsudahlah. Taunya ketemu kaka inspektor yang baru sebulan kerja di dankos namanya ka Fitri *kaya namakuu* dan dia mau gua ajak makan padahal harusnya dia jam kedua :)). Rejekiiiii.. Gajadi makan sendiri Alhamdulillah. Kakanya juga asik, ga canggungan juga. Seru deh ka Fitri. Besok besok lagi ya kaaa hehe.
Di minggu ini juga mba Ilmi, kaka seperkostanku abis kontrak tepatnya hari selasa. Pulang ke kostan dari dankos kaya abis nangis gituu mungkin perpisahan dulu di sana sama temen-temennya. Udah ini mah tinggal nunggu hari personel kosan berkurang. Syukur mba Ilmi gak langsung pulang kampung hari itu juga, abis gua belum ngasih apa-apa buat doi. Waktu dari bogor lupa ga beli coklat sih. 
Hmmm laporan gue gimana ini.___.
Masa stuck di bab 2 mulu haaaa butuh motivasiiii. Bukan. Lebih ke paksaan dan gebrakan dari diri sendiri. Dan butuh temen sepengerjaan laporan biar bisa saling koreksi *lirik Irsyan* Eh tapi lagian apa juga yang mau dikoreksi? Doi udah hampir beres kali. Sementara gue? Hahahaha feb ih kapan geraknyaaaa....
Weekend kali ini di kosan ngerjain bab 2 sama 3 soalnya mba Hana udah minta sampe bab 2 dan maunya hard copy. Yee mana ada printer di kosan? Apalagi warnet._. Fotokopian aja ga ada. 
Minggu pagi mba Ilmi fix pulang kampung. Kyaaa personel kosan resmi berkurang 1. Bulan depan mba Ursy yang abis kontrak. Abis deh lama-lama orangnya. Emang bener sih 'Nothing Last Forever'. Dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan.

~Minggu ketujuh, masih dengan lab yang sama. Satu shift dengan orang-orang yang sama: Ka Neng dan Ka Imam. Hari ini ngeliat yang ngerjain GPT sama validasi depirogenesis (kalo ga salah). Batal sampling WFI di onko soalnya ga ada yang nemenin (kalo sendirian gabisa akses), akhirnya ga endotoksin. Hari senin ketemu irsyan di kantin. Itz been a long day ga lunch bareng *eaaa*. Kalo makan sama selain dia itu berasa waktu berjalan normal tapi kalo bareng dia ko berasa cepet ya?._. Tau tau hampir setengah satu. Kalo udah kaya gitu, makan belom beres udah disuruh cepetan * doi gamau nunda-nunda waktu solat, MasyaAllah*. Tau gak sih padahal banyaaaak banget yang pengen gua ceritain ke dia tapi kalo udah ketemu lupa mau mulai darimana saking banyaknya yang tertimbun di otak._.
Hari ini emang ga ada kerjaan, tapi ga ngerasa gabut, dan waktu berasa cepet. Tau-tau udah jam 3.
Selasanya ada audit. Udah. Tadinya gue udah ngetik panjang terus ga ke save. Males ngetik ulang. Yaudah lah yaa
Rabu bersiap untuk Bogor. Udah kangen. Giliran gua balik, keluarga gua mau ke majenang semua. Kan lucu. Baru dateng, tidur, bangun-bangun rumah kosong. Kan kocak. Trus ngapain gua balik? Ahsudahlah~
Alhamdulillah.. Enak tidur dikasur lagi hahaha
Gini yaa rasanya orang merantau. Ga pulang 2 minggu, balik ke asal rasanya kaya pergi lamaaaa banget. Gimana nanti kalo kerja jauh dari rumah :')
Jadi, mingu ini gue puas-puasin di rumah walau sendirian. Tinggal nunggu yang ngajakin main aja *emang ada?* hahaha bodo amat.
Belom ditinggal 24 jam udah kangen sama orang rumah..
Kamis, gue ngelanjutin laporan saat temen-temen gue masih nyantai trus malemnya ngeprint bab 1 sama 2 tinggal diserahin ke mba Hana deh senin. Jujur rada susah nyusun bab 3 uy.. bingung mau mulai dari mana. Insya Allah bisa!
Gak kerasa udah minggu. Waktunya bersiap ke kosan. Jujur maleees banget mau ke stasiun, bawain laptop segala. Berat u.u 
Hari makin siang, jam udah nunjukin pukul 10. Akhirnya mau gak mau harus berangkat sambil menenteng beban laptop dan ransel isi jajanan. Nyampe kosan jam 1 an. Langsung, copot sepatu, lempar ransel, nyalain kipas, nyalain tv, tiduuuur hahaha. 

~Minggu kedelapan, gua ngasih laporan (baru nyampe bab 2 sih) ke mba Hana minta dikoreksiin dan hari itu juga dibalikin dengan coretan pensil dimana mana :D
Mulai dari cover aja udah di coretin katanya suru margin tengah padahal cover laporan smakbo emang dari dulu ya rata kiri (ini nih gua bingung harus nurut sama siapa).
Hari ini analis baru mikro, ka Aci udah mulai masuk grey dan gue berkesempatan share ilmu endotoksin gue ke dia (kapan lagi anak pkl ngajarin analis?) Hahaha 
Paling beberapa hari lagi (pas gue nanti udah di raw material) dia udah masuk ruang white soalnya mikro kekurangan orang banget. Imam mau resign minggu depan. Makin berkurang deh personil mikro. 
Hari ke sekian di minggu ke 8, ka Aci bagi-bagi coklat dan gue dapet yeayyy silverqueen chunky bar.. Lumayan buat ngilangin stres.
Ohiyaa minggu ini adalah minggu terakhir di 2015. Gue diajakin taun baruan di ke kosan ika bareng 7 cewe lainnya. Kita liat kembang api mewarnai hamparan langit luas berwarna hitam dari atas genteng. Saling mengucapkan resolusi 2016.
Besoknya ada acara lagi.. Kumpul bareng anak PMR di momomilk dan ternyata kita ga perlu ngeluarin duit sama sekali buat makan (re: ditraktir sama alumni).

~Minggu ke sembilan, persis seperti dugaan gue, pindah ke Raw Material (RM). Awalnya gua kira hari pertama bakal santai yah duduk-duduk baca protap karna belom ada sampel yang dateng. Eh bu Verika kayaknya gasuka banget liat gue cuma diem, baca-baca sambil ngantuk-ngantuk akhirnya gue dikasih sampel injeksi kering. Lagi-lagi sampel pertama gue ceftriaxone ( kaya waktu di mikro ). Ngerjainnya bareng ka Iqbal cjr *eh bukan*. Dia juga masih belajar sama lah kaya gue, jadi tutor kita adalah.. Ka Dwinov. Hari pertama banyak ngelakuin kesalahan nih.. Data penimbangan ga ditempel sama ga ngisi log book spektro waaah parah. 
Selasa masih ga ada sampel juga, jadi ngerjain injeksi kering lagi bareng ka cjr lagi, kali ini belajar dari kesalahan kemaren *azeq* trus dapet pelajaran lagi: sebelum kerja nyiapin alat dulu yang dibutuhin takutnya keabisan.
Hari kesekian sampel mulai berdatangan.. Gue kebagian zat warna. Pewarna-pewarna yang biasa gua liat di bungkus-bungkus produk di bagian komposisi kali ini gue berkesempatan nganalisis dia. Pelajaran lagi: kalo ngerjain pewarna pake sarung tangan kalo udah nempel kulit susah ilangnya walaupun udah dicuci pake sabun juga.
Weekend ini gua pulang ke Bogor, akhirnya ketemu kesayangan-kesayangan gua lagi. Udah mendem kangen banget khususnya sama Mama. Alhamdulillah semua sehat :)

~Minggu kesepuluh.. Sampe hari selasa masih fight with pewarna. Pulang-pulang tangan berdarah-darah gara-gara lupa pake sarung tangan. Ini nih ga belajar dari pengalaman sih ckckck. Rabunya bukan pewarna lagi dong, udah mulai ke karbohidratan kayak pati jagung sama cellulose. Can't wait to analyze another raw material sample :) gua suka nih kalo sampelnya beda-beda.
eh iya, di minngu ini, satu lagi kaka sekosan, namanya mba Ursy abis kontrak tepatnya tanggal 15 januari. Lagi-lagi bakal berkurang deh pejuang-pejuang kosan. Jadi pengen cepet-cepet beres PKL dan pulang ke Bogor. Senengnya, dia gak langsung pergi minggu ini juga, jadi masih bisa main-main disaat saat terakhirnya(?) *terakhir sebelum dia pergi ke cikarang*

~Masuk minggu kesebelas, Dengan rutinitas yang sama di RM. Dengan instrumen yang sama juga cuma sampelnya aja yang beda. Minggu ini berasa ngerjainnya lebih cepet daripada kemaren-kemaren karena parameternya lebih sedikit. Jadi pas udah beres bingung mau ngapain lagi. Sampel juga belom banyak dateng akhirnya ikut bantu ka Iqbal ama ka Dwinof kalo mereka butuh bantuan. Di minggu ini gua nganalisis essens. Dan gua seneng. Biasanya sampel yang gua kerjain ga ada baunya alias odorless. Dan essens pertama yang gua analisis itu essens strawberry. heummm baunya bikin pengen es krim stroberi jadinya *gatau mau kode ke siapa*. 
Di minggu ini mba Ursy bener-bener get out dari kosan. Dia perginya pas gua udah berangkat PKL jadi ga sempet liat pas perginya. Pulang dari PKL denger-denger dia udah sampe cikarang. Yaah kamar tinggal berdua deh isinya. Sepinya kerasa.
Jum'at berkah. Berkah bagi ka Iqbal, dia dapet sampel essens jeruk sama mocca yang sekali kedip beres. Lah gua? Gua dapet si nona (nano gingseng). Sampel yang tidak diharapkan ada di meja RM. Parameternya mah sama aja kayak yang lain, susut pengeringan, sisa pemijaran, ftir, spektro. Nah yang istimewanya tuh di kadar pake spektro. Pereaksinya brooo.. Kuat dan pekat. Perklorat 70℅ sama asam sulfat pekat. Gimana gak 'wow dahsyat'?
Pake etanol p.a segala. Karsinogenik kan dia. Huff sampe beberapa kali ganti sarung tangan dan masker pas ngerjain si nona ini. 
Ngoperasiin spektro, nuang larutan ke kuvetnya juga pake sarung tangan, yang nitril malah bukan yang latex katanya nanti lengket. Ngoperasiinnya juga dipantau sama ka Iqbal katanya takut kenapa-napa. Ciee khawatir haha *ngga ko ka vika, bercanda hehe*.
Weekend ini ke Bogor.. Ikutan expo hari sabtu, bentar doang sih sisanya mah hang out. Langsung deh dapet banyak info baru. Udah kaya orang yang paling gak tau apa-apa semenjak tinggal di kawasan. Kudet parah. Gaul sama Irsyan bener-bener jadi orang bae-bae. Ga pernah ngegosip sama sekali. Lebih bicara fakta dan hal-hal realistis. Ih edan hahahaha.

~minggu ke duabelas nih.. cepet yah cep udah januari akhir. tapi kalo dirasain mah lama. Orang-orang sini juga ngerasanya anak pkl berdua ini lama amat. Dari kaka kaka analis, senior analis, laboran, sampe satpam aja bertanya-tanya "beres pkl kapan?" "pkl berapa lama?" "lama amat pkl udah kaya karyawan kontrak" *apa atuh akumah ka :(
Pengen cepet-cepet udahan pklnya. Bukan karena gak nyaman sama kerjaannya atau lingkungannya tapi feels like ga nyaman aja pake seragam di lingkungan kerja. merasa eye-catching *entah perasaan doang apa emang bener*. Tapi sekarang mah ikutin peraturan dulu aja.
Lagi-lagi ngerjain sampelnya terlalu cepet. Jam 11 udah kelar. Pas abis makan siang jadi bingung kan mau ngerjain apa lagi. Si sampel datengnya pagi, dateng lagi jam 3 an pas kaka-kaka shift 2 pada dateng. Alhasil abis ishoma kerjaannya kalo engga ngebantuin, nge-kepo-in, ya ngegangguin ka Kito, ka Vela, ka Dita, ka Kia, ka Debby dll. Irsyan bilang katanya kalo di RM itu mesti pinter-pinter ngatur waktu biar gak terlalu cepet beres dan akhirnya gabut. Nah tips itu gua pake mulai kamis. Sebelum kerja gua ngegosok marmer alasnya neraca yang kena AgNO3 gara-gara...... beberapa hari yang lalu gua mau bikin larutan AgNO3 eh nimbangnya ga bener sampe tumpeh-tumpeh. Udah mah item, digosok pake air sama alkohol gabisa ilang, udah pake tenaga dalam padahal ngegosoknya, eh gak ngaruh juga. Sue banget.__.
Akhirnya pake H2O2. Berkurang sih tapi gak seluruhnya ilang. Ngegosok doang ampe jam 9. Masih pagi udah buang-buang tenaga. Jadi trauma bikin larutan AgNO3._.
Beres ngegosok trus ngerapihin meja kerja bareng kaka-kaka RM. Meja RM sekarang rapih yeaaay. Baru deh dapet sampel. Salah satu parameter sampel kali ini, ada yang harus didiemin 1 malem *sedih banget sih didiemin* jadi baru bisa beres jumat.
Abis didiemin semaleman, trus disaring dan dicuci sampe bebas Cl. Nahhh dari pagi sampe sore kaga bebas-bebas. Nyeseknya tuh... disini *nunjuk hati*


Weekend ini mba Ilmi dateng ke kosan. Nginep semalem. Berempat begadang sampe jam setengah 2 pagi. Kelaperan tengah malem akhirnya masak mi. Pokoknya ga ngantuk sama sekali soalnya udah minum good day jam 8 an. Seruu banget weekend minggu ini. Cuma kurang mba Ursy doang nih biar lengkap lagi personelnya.

~minggu ketigabelas, ngerjain injeksi ceftri. Alhamdulillah laporan beres minggu ini. Tinggal minta tolong di koreksiin. Ketemu sama ka Aci, ka Dir, ka Clo di lab atas jadi kangen mikro. Kangen ngets jadi baper.
Weekendnya nambah sehari (imlek hari senin). Sabtunya ada guru tamu materi work physicology. Minggu ikutan try out di UI. Di sana ternyata banyak anak smakbo 58 yang ikutan juga. Senin rencananya mau ke seaword tapi gagal. Kecewa sih tapi sebenernya cape juga. Tapi pengen. Atuh gimana ya._.

~minggu keempatbelas, RM kedatangan analis dari stabilita. Entah apa alasannya dia dipindahin tapi yang penting RM jadi tambah rame dan hebring deh pokoknya haha. Makin betah kan._.
Ketemu ka Eneng sama ka Tyas (personel mikro) di depan pantry, baper lagi, kangen mikro lagi. Trus curhat tentang laporan mau minta koreksiin kesiapaa. Pembimbing ga ada. Galau.
Fix ini mah ganti pembimbing. Langsung deh setelah minta tolong dikoreksiin laporannya. Harapannya hari jumat dibalikin biar diperbaikin, eh taunya engga.
Weekend ini kesekolah lagi hari sabtunya, konsultasi dan ada guru tamu materi Processing data. Balik dari sekolah ke kosan haifa niatnya mau ke rumah Carol di Cileungsi bertiga tapi karena suatu hal akhirnya batal.. Padahal udah nyampe terminal. Ah sudahlah.. Mungkin belom rezeki. Udah gitu, berdua sama haifa bingung dulu di depan terminal, masih mikirin batalnya keberangkatan ini. Akhirnya kita duduk deket Man 2, trus nyebrang ke gramed, abis itu ke mcd deh gara-gara ngomong terus jadi haus. 

~minggu kelimabelas
Laporan belom dibalikin juga sampe hari jum'at ini. Pupus lah semua rencana gua. 
Di minggu ini sampel udah mulai banyak. Banyak bangedd. Di minggu ini juga gua mulai keteteran sendiri. Kerja jadi gak bener. Ga efisien, ga terstruktur, gatau lagi kenapa.

 ~minggu keenambelas, laporan masih diperiksa sampe hari jumat, padahal senin hari terakhir PKL.

~minggu ketujuhbelas, terakhir! Hari senin. Laporan baru dibalikin. Belom diperbaikin, jadi gabisa minta tanda tangan hari ini juga. Demi ngelarin ini semua akhirnya balik PKL langsung cus warnet terdekat minta dianterin.... *adadeeeh*. Walaupun ujan tetep maksain minta dianter abis gak tau jalan daerah jaktim. Abis magrib baru kelar, ujan-ujanan lagi baliknya. Selasanya, dateng ke dankos jam 10 an, sebelumnya janjian dulu sama Irsyan di Dankos eh dia malah udah nungguin depan kosan. Nyampe dankos orang yang mau kita temuin lagi rapat. Setelah konfirmasi, ternyata gua harus ke sini lagi abis jam makan siang. Akhirnya Irsyan balik ke rumahnya, gua balik ke kosan. The last banget ya? haha
Singkat cerita laporan gua udah di ttd in institusi hari Selasa, 1 maret 2016. Tamat~

Komentar

  1. Assalamualaikum ka aku boleh liat contoh laporan Pklnya ga ka sebagai contohnya, terimakasih sebelumnya ka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :