Langsung ke konten utama

Seminar

Plastic Bottle part I

Pengantar

Hai-hai....
Udah lama ga nge-post. Sebelumnya gue belom ada ide buat share apapun. Tapi sekarang lagi tertarik buat bahas hal-hal baru yang gua dapetin di tempat kerja gue sekarang. Setiap hari gua selalu berhubungan dengan botol, cap, plug, dan lain-lain. Jadi lu pasti tau kalo gue kerja di pabrik kemasan plastik atau polimer biasanya orang-orang nyebutnya. Whatever~

Karna gua di RnDnya, gua jadi sedikit tau tentang teori proses dari resin plastik yang kayak potongan kertas sampe jadi botol yang ada di etalase-etalase toko, supermarket, apotik, dll. Dan gue seneng bisa belajar banyak disini walaupun skill kimia gue ga kepake sama sekali. Gue jadi belajar teknik disini. Rasanya tuh kaya lu belajar tekin (teknik industri) tapi terjun langsung ke lapangan. Cocok banget buat yang pernah/lagi kuliah jurusan tekin/tekim, jadi tau teori dan bisa ngeliat juga kenyataannya di lapangan itu seperti apa. Karna gua gapunya basic teknik sedikitpun dan kemampuan logika gue juga minim, alhasil gua perlu waktu lebih lama buat bisa paham sama semua ini. Tapi gua juga ga ngelanjutin kuliah di tekin karna emang ga minat. Jangankan minat, tertarik ge sama sekali engga hahahaha. Gua ngebayangin nilai makul gua dibawah B semua trus gua harus ngulang lagi disemester berikutnya. Trus gue gabisa ngambil makul tambahan karna masih harus ngulang makul yg nilainya jelek. Trus nanti gua makin lama lulusnya. Trus nikahnya makin lama juga *eh
Gue udah denger ceritanya mas Ajis, pa Ranto dan pa Dasep rasanya kerja dan kuliah di teknik industri. Makasih banget karna mereka, penglihatan gua jadi terbuka.
Sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :