Langsung ke konten utama

Seminar

Plastic Bottle part II


Masterbatch






Ta-daaaa...
Hal pertama yang pengen gua share disini adalah seputar masterbatch.

Kalian pasti ga asing sama botol-botol plastik. Ya. Soalnya botol plastik itu dipakai di hampir semua produk yang ada didunia saat ini. Umumnya untuk minuman, farmasi, manufaktur daaan lain-lain. Botol-botol dengan design bentuk dan warna yang beragam. Tapi kali ini gua mau bahas material yang bikin botol itu berwarna. Ada 2 material yang perusahaan gua pake yaitu pigmen/ serbuk dan masterbatch seperti gambar diatas. Prinsipnya itu, pigmen atau masterbatch tersebut ditimbang sesuai kebutuhan trus dicampurin ke base resin (PP, HDPE, PET, dll).
Disini gua mau fokus ke masterbatch aja, soalnya penggunaan pigmen udah mulai dikurangin karna bikin kotor mesin dan warna produk yang dihasilin suka lari-lari *nah lo* alias ga stabil. 

Masterbatch adalah pigment/pewarna untuk semua jenis polymer plastik yang sudah melalui proses dispersing dan forming/pelleting.Cara penggunaanya adalah dengan cara diaplikasikan ke resin aplikasi,contoh produk masterbatch dengan aplikasi 2% maka produknya 2 kg dan resin aplikasinya 100 kg.

Fisik Masterbatch umumnya granul tapi bentuknya beragam.Ini contohnya:

Masterbatch PE


Masterbatch PVC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :