Langsung ke konten utama

Seminar

One Day Trip #Bandung

Holla Fellas..

Its been a long day gue ga nulis (re: ngetik) dan membiarkan blog ini berdebu saking gapernahnya disentuh. Kali ini gue mo sharing seputar trip ke kota Bandung bareng temen-temen kampus gue yang pastinya kece (sabar, nanti gue kenalin). Berhubung gue bakal sharing soal trip atau perjalanan, udah pasti yang akan gue bahas disini adalah seputar transport, penginapan atau mess, tempat yang kita kunjungi, kuliner yang kita cicipin, dan juga hal hal yang unpredictable yang kita alami. Jadi semoga tulisan ini bisa bermanfaat, khususnya ngebantu kalian kalian yang belum pernah ke Bandung tapi pengen ke Bandung, biar ada sedikit gambaran mengenai kota Bandung.



Bandung.
Kenapa sih harus bandung?
So guys, the reason why we choose bandung is because Bandung is one of 'must be visited' city of  in Indonesia. Tempat yang tepat buat liburan, kuliner, belanja atau sekedar jalan-jalan. Pokoknya Bandung itu punya daya tarik tersendiri deh buat dikunjungin.

Salam perkenalan~
Sebelum nyeritain one day trip ini, kenalan dulu nih sama partner trip gue kali ini. Dan mereka adalah....
Jengjeng...


Aviani

Santi



Fika

Minus satu orang lagi yang gabisa ikut, namanya Nida. dia juga sedang di Bandung pada saat itu tetapi untuk urusan yang berbeda.


Kita semua tinggal di kota Bogor, karena itu kita pilih kereta sebagai alat transport utama yang akan 'ngangkut' kita ke Bandung. Kita booking tiket kereta via online saat H-5 keberangkatan. Setelah selesai transaksi, kita dapet email berisi resi yang berisi keterangan tiket seperti letak gerbong dan tempat duduk. 
Selain itu hal yang kita persiapin sebelum berangkat adalah penginapan. Setelah urusan dengan tiket kelar, kita mulai cari-cari calon tempat bermalam kita. Krikeria kita sih ga muluk-muluk yang penting  lokasinya di pusat kota biar akses kemana-mana mudah, trus bisa muat untuk berempat dan yang pastinya kudu murah hehe. Karna kita belum ada yang berpengalaman nginep di penginapan yang ada di Bandung, jadi patokan kita dalam memilih adalah berdasarkan rating pengunjung. Setelah melalui perdebatan panjang dan dengan segala drama didalamnya, singkat cerita kita sudah memutuskan mau booking dimana. Pilihan kita jatuh ke Venice Guesthouse lokasinya di jalan Kebon Sirih, Bandung. Dari gambar yang ada di situs pemesanan kita dapet informasi bahwa kamar tersebut terdiri dari 2 ranjang, kamar mandi di dalam, rating bagus dannnn kalian tau berapa biaya untuk booking kamar tersebut???? Yaitu cuma 172.200!!!! Gimana? Keren ga? Keren aja lah yaa haha
Tiket done, hotel done, packing done, so what do we waiting for?



Let's begin the journey...
Tujuan utama kita adalah stasiun besar Bandung. Tapi pertama-tama kita harus transit dulu di stasiun Gambir. 
Pukul 08.30 WIB kita berangkat dari stasiun Bogor menuju stasiun Djuanda. Setelah sampai di stasiun tersebut, kita keluar dari stasiun dan berjalan melewati fly over serta menyusuri jalan selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di stasiun Gambir.
Kita sampe di stasiun Gambir jam 10 lewat padahal kereta menuju Bandung akan berangkat pukul 10.30 WIB. Sontak kita jalan cepat biar nggak sampai ketinggalan kereta. Setelah Santi mencetak tiket di mesin tiket, gue dan Fika juga udh kelar beli minum di Indomaret, kitapun berlarian nyari gerbong yang ternyata gerbong kita gerbong ke empat dari ujung kereta,  ke'riweuh'an kita pun berlanjut saat udah nemuin gerbong sasaran, kita juga harus nyari tempat duduk. Akhirnyaaa kita duduk jugaa.




Tiket pulang pergi







Untuk sampe stasiun Bandung kita ngelewatin beberapa stasiun yaitu st.  Bekasi, st. Cikampek, st. Purwakarta dan st. Cimahi. Sepanjang jalan kita disuguhkan dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.










Well, tibalah kita di stasiun hall Bandung sekitar pukul 14.00 WIB. Dari situ kita langsung menuju penginapan yang udah kita pesen. Bermodalkan google maps, dari stasiun kita ke kiri, jalan terus sampe ketemu gedung Balai Kota.



Dari gedung Balai kota kita belok kanan ketemu hotel Kenanga, penginapan kami bersebelahan dengan hotel tersebut. Lamanya kita jalan kurang lebih 15 menit dari stasiun.

Halaman


Lobby


Lobby


Resepsionis


Setelah mba resepsionis ngasih kunci kamar, kita langsung ceriaaaa dan bersyukur. Ekspektasi kita untuk harga sekian itu ga tinggi-tinggi, mikirnya karna kita cuma sehari dan yang penting bisa buat tidur walaupun sempit-sempitan kita udah siap. Kamar ini terdiri dari 2 ranjang ukuran sedang, 1 ranjang buat bertiga itu masih muat, kamar mandi didalem dan bersih, ada tv dan AC serta sebuah meja buat naro makanan atau barang-barang lain.





China Town~
Pukul 15.30 WIB setelah sholat Ashar kita langsung ke tujuan pertama kita yaitu China Town. Untuk mengawali jalan-jalannya, kita naik grab car ke lokasi. Di dalem grab kita juga sekalian minta rekomendasi tempat yang asik ke driver kita. Kita(?)
Beberapa menit kemudian kita sampai di depan China Town, beli tiket (HTM 30.000 per orang), lalu masuk lewat gerbang utama. Mata kita lansung terpana sama apa yang kita liat (lebay gak sih?) tapi seriously kalo kata anak jaman now tempat ini tu 'unch' banget.

Tiket masuk ke China Town







Terlihat hiasan, ornamen, benda-benda, model bangunan, dan warna-warna cerah khas China. Kita berasa lagi di kampung Cina (yaiyalah namanya aja jelas-jelas China Town). Memanjakan mata dan photogenic abis. Must be visited bangeeet sama kamu kamu yang doyan selfie.
Setelah kita puas bergaya, kita lanjut cari makan menuju jalan cibadak. 


Menyusuri jalan di sekitar ChinaTown
Menyusuri jalan Cibadak

Kuliner jalan Cibadak dan Sudirman Street~
Singkat cerita setelah kita berdebat soal mau makan apa, waktu udah hampir adzan magrib jadilah kita makan di warung pecel ayam setelah itu kita jalan lagi nyari mesjid terdekat. Bermodalkan maps lagi, tibalah kita di tempat kuliner jalan cibadak, dari depan gang tersebut kita jalan terus, ngelewatin para penjual makanan ringan alias jajanan. Fokus kita adalah cari masjid dulu, beberapa saat kemudian sampailah kita di sebuah pesantren setelah nanya-nanya ke beberapa orang yang lewat. Selesai sholat magrib kita balik lagi ke jalan cibadak menuju ke Sudirman Street (Sudirman street ada di jalan cibadak). Jadi Sudirman street itu lokasi kuliner juga. Didominasi oleh pengunjung berkulit putih. Untuk muslim kalo pengen makan disini sebaiknya lebih aware karna disitu banyak dijual olahan dari daging babi. 
Jalan Cibadak


Sudirman Street




Taman Vanda~
Dari jalan cibadak kita move ke taman vanda. Menurut review tempat itu bagus kalo malam hari. Sesampainya disana ternyata biasa aja, ga ada air mancur yang kaya di foto-foto yang kita liat di internet. Jadilah kita cuma duduk-duduk aja. 




Braga at night~
Di sebelah kiri taman vanda itu merupakan jalan menuju jalan Braga. Padahal rencananya mau ke Braga pagi-pagi aja tapi karna masih jam 8 malem kita belum mau balik ke penginapan. Akhirnya kita jalan deh ke Braga. Di Braga banyak banget kafe kekinian, kebanyakan resto ala Barat dan yang dateng kesini mayoritas anak muda remaja keatas. Aktivitas jalan rayanya juga lumaya padat, banyak mobil yang lewat entah emang tujuannya mau ke Braga atau cuma lewat aja, tapi mungkin Braga pada malam hari memang sebegitu padatnya.


Jalan Braga

Alun-alun Bandung~
Jalan terus dari Braga, kita ketemu alun-alun Bandung. Malem itu kita ga ke alun-alun tapi lebih milih ke food stationnya. Kita bener-bener butuh asupan nutrisi saat itu.

BM Santi : Ceker pedas 
BM Avi : Es krim

BM Fika = Donat Indomie
Di foodstreet daerah alun-alun Bandung kita termanjakan oleh banyaknya makanan seperti takoyaki, eskrim, donat indomie, sosis bakar, ceker pedes, dan banyak lagi. Anehnya gue ga nemu pedagang seblak dan martabak telor, padahal lagi pengen-pengennya. Selain makanan juga ada yang jual baju, kaos distro, jaket, sepatu dengan harga yang miring banget.
Setelah puas jajan, kita duduk sambil ngeliatin air mancur yang ga jauh dari situ. 



Ga kerasa udah jam 10 malem, saatnya kita kembali ke 'markas'. Kita jalan kaki dari alun-alun ke venice. Sesampainya di mess kta bersih-bersih, solat dan tidur, bersiap menyambut hari esok.


Esoknya~
Jam 5 pagi kita terbangun karna suara alarm Fika. Setelah mandi dan bersiap-siap, kita packing sekalian karna nanti kita harus check out jam 12. Setelah selesai packing, kamar un sudah rapi, kita segera berangkat untuk sarapan.












Taman Balai Kota~
Setelah sarapan kita lanjut jalan lagi ke taman balai kota. Ternyata lokasinya berhadapan sama taman Vanda yang semalem kita kunjungin. Hari minggu pagi taman ini rame sama orang-orang yang jogging, olahraga, dan sepedaan. Taman ini juga bersih, alias bebas sampah. Karna banyak disediakan tempat sampah, jadinya pada tertib buang sampahnya pada tempatnya. Sejuk tempatya, bikin betah berlama-lama disitu. Nice place after all.









Braga at morning~
Tapi kita masih mau lanjut jalan-jalan lagi. Tujua kita selanjutnya adalah alun-alun Bandung. Dari taman balai kota kita jalan lewat Braga lagi. Berbeda dengan semalam, Braga pada pagi hari itu kontras banget. Kafe-kafe yang semalem rame sama anak muda itu tutup, cuma beberapa toko dan alfamart aja yang buka. Jalanan yang semalem dipadati mobil pribadi juga sekarang lengang. 








Jalan Asia Afrika~
Dari jalan Braga ketemu pertigaan kita ambil kiri untuk masuk ke jalan Asia Afrika. Nice place to take a walk. Apalagi pagi hari gini. Trotoar bebas sampah bikin nyaman jalan disitu. Di sepanjang trotoar terdapat bangku taman yang diletakkan dengan jarak tertentu satu sama lain, solusi untuk orang yang kelelahan abis jalan dan pengen istirahat dulu sambil ngamatin mobil-mobil yang 'bersliweran' di jalan raya. 












Museum Konferensi Asia Afrika~
Ada yang kurang kalo kita ke jalan Asia Afrika tapi gak mampir ke museumnya. Tanpa membayar tiket masuk (re: masuknya gratis), kita bak lagi flashback ke masa-masa kemerdekaan. Terdapat miniatur presiden Soekarno yang sedang berpidato, ada juga benda-benda bersejarah seperti kamera dan mesin tik serta deretan galeri foto yang kebanyakan berwarna hitam putih. 











Foodstreet~
Selepas puas menjelajah museum, bersama dengan pengunjung lainnya kita menuju pintu keluar. Saat keluar dari pintu museum kita disambut oleh lapak penjual. Ternyata ini adalah foodstreet yang semalem kita datengin. Suasananya berbeda dengan pas malem hari, siang-siang begini pengunjung yang dateng lebih sedikit dan penjualnya juga tidak sebanyak di malam hari. 




Alun-alun Bandung~
Destinasi terakhir kita adalah alun-alun Bandung sebelum akhirnya kita terpaksa harus ke stasiun lagi. Terdapat taman bunga berwarna warni yang memanjakan mata, bersih dari sampah, bebas dari pedagang kaki lima, sehingga tidak heran jika tempat ini ramai dipadati pengunjung yang hanya ingin bersantai dengan keluarga dan mengajak anak-anak bermain karna selain memiliki desain yang bagus, alun-alun Bandung juga aman untuk anak-anak karna alasnya bukan rumput asli melainkan rumput sintetik. 



Salah satu peraturan jika ingin ke area rumput sintetis adalah tidak boleh membawa makanan. Karna saat itu gue gak tau peraturan itu dan asal masuk aja sambil 'nenteng' makanan di tangan kanan, dan sendal di tangan kiri, tiba-tiba kita dikagetkan oleh suara seseorang yang berasal dari pengeras suara. Katanya : "Bagi yang membawa makanan diharapkan untuk keluar dari area rumput sintetis, blablabla". Tanpa pikir panjang gue langsung ngerasa itu peringatan buat gue walaupun dia gak nyebut nama gue. Nurut. Akhirnya gue keluar dari area rumput disusul temen-temen gue.
Waktu sudah hampir pukul 12 siang, saatnya kembali ke penginapan. Kita memilih naik grab agar tidak membuang waktu. 

Last but not least~
Sesampainya di penginapan, kita mengemas sisa barang dan solat dzuhur bergantian, setelah itu kita check out. Karna kereta baru akan berangkat pukul 15.30 WIB, masih ada sedikit waktu buat beli oleh-oleh. Menurut informasi dari internet ada sebuah toko yang menyediakan makanan khas Bandung dengan harga terjangkau yang bisa di bawa pulang, toko tersebut berada di dalam sebuah mall. Berangkatlah kita kesana. Sesampainya disana kita menyusuri lantai demi lantai mall tersebut, ternyata yang kita cari gak ada! Kamipun bertanya kepada beberapa penjual dan satpam juga mengenai toko yang kita cari tersebut dan mereka menjawab "tidak tahu". 





Dengan diliputi rasa kecewa, kita memilih keluar dari mall tersebut dan berjalan mengikuti langkah kaki. Disepanjang jalan yang kita lewati, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Sampailah kita di Plaza Parahyangan. Karna kaki sudah lelah untuk melangkah, lagi-lagi kita pilih grab untuk 'ngangkut' kita ke stasiun. Sesampainya di stasiun, kami langsung menuju tempat untuk mencetak tiket, setelah itu kami akhirnya memutuskan membeli oleh-oleh di stasiun untuk di bawa ke rumah masing-masing. 

Perjalanan pulang~
Kereta kami berangkat dari stasiun pukul 15.30 WIB, sampai di stasiun Pasar Senen pukul 18.30. Setelah solat magrib kita lanjut naik commuter line jurusan Stasiun Bogor, dan sampailah kita di bogor pukul 21.30 WIB. 


Terakhir~
Terimakasih buat temen-temen yang udah 'nyulik' gue selama 2 hari 1 malem. We did something fun there, walaupun kurang lengkap karna ga ada Nida. Mudah-mudahan di kesempatan lain bisa jalan-jalan dengan anggota lengkap. Terimakasih Bandung, Terimakasih Venice Guesthouse, Terimakasih juga abang-abang grab sudah memudahkan kita untuk banyak hal. 
Jadi, next kemana???? :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throwback Kelas 10

Throwback Kelas 10 Halo, masih sama Febri di blog yang sama dengan postingan yang berbeda. Kali ini gua mau ngebahas tentang masa-masa kelas 10 gue tapi mau fokus ke lab nya yaitu Laboratorium Gravimetri yang sangat berkesan dan kalo diinget-inget bikin kangen juga.

Praktikum Analisis Jenis (Anjen)

Beberapa menit lagi sebelum jam 5 pagi saat gua ngetik huruf B diawal. Gua masih bersemangat buat nyeritain salah satu praktek (satu-satunya) yang bikin gua semangat kalo ga di ujiin di uts / uas.

Hah PKT???

Kali ini sekedar mau nge-share tentang PKT Apasih PKT itu? Ini menurut pemahaman gue ya..... PKT atau Praktikum Kimia Terpadu atau biasa disebut Proksimat yaitu praktikum yang dilakukan untuk menganalisis/mengetahui kadar (misal : protein, karbohidrat, lemak, dll) dimana sampel/bahan yang dianalisis berupa bahan pangan (misal : biskuit, minyak goreng, sirup, dll). Di smakbo, ada beberapa penetapan PKT yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 12. Berikut penjelasan singkatnya :